Selasa, 30 April 2024

Kementerian P3A Catat Kasus Kekerasan Seksual Alami Tren Kenaikan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kekerasan pada perempuan. Foto: Pixabay Ilustrasi kekerasan pada perempuan. Foto: Pixabay

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) mencatat tren kenaikan kasus kekerasan seksual di Indonesia meningkat khususnya terhadap perempuan.

“Yang naik adalah kasus yang terlaporkan, dari 15.786 kasus sebanyak 6.993 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan,” kata Ciput Eka Purwianti Asisten Deputi Perlindungan Anak dari Kekerasan Kementerian P3A, Kamis (14/12/2023) dikutip Antara.

Ia mengatakan kekerasan seksual di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan menjadi fenomena “gunung es” di mana angka tersebut baru di puncaknya saja.

“Jadi masih banyak lagi perempuan dan anak yang belum melaporkan atau memang sengaja tidak melaporkan sebagai tindak kekerasan seksual,” katanya.

Ciput menjelaskan latar belakang yang membuat korban tidak berani melapor karena tidak memiliki informasi ke mana harus melapor.

“Sebagai daerah otonom yang punya tanggung jawab untuk melaksanakan penanganan dan pelindungan serta pemulihan korban kekerasan seksual wajib memasukkan sebagai isu prioritas di daerah masing-masing,” katanya.

Dalam konsep bekerja sebagai aparatur pemerintah, hal itu juga termasuk dalam indikator kinerja yang ada di dokumen perencanaan pembangunan yang ada di daerah.

“Apabila dalam proses perencanaan membutuhkan pendampingan, kami dengan senang hati hadir untuk membantu agar mampu menyediakan berbagai layanan yang diperlukan,” cakapnya.

Ciput menilai perlu komitmen bersama dalam membuat kebijakan perlindungan anak dan perempuan sehingga terhindar dari segala bentuk diskriminasi dan eksploitasi.

“Sinergi adalah kata kunci dalam membuat kebijakan kabupaten dan kota layak anak serta dalam hal sosialisasi, anggaran infrastruktur dan sumber daya manusia dalam memastikan pelayanan terpadu dan penanganan kekerasan seksual,” ucapnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs