Selasa, 30 April 2024

Kesaksikan Warga: Ledakan Pertama di Jalan Kamal Bangkalan Disusul Asap Membubung Tinggi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Bangunan rumah nampak hancur di Jalan Kamal, Bangkalan, Madura akibat terdampak ledakan pada Jumat (29/12/2023) pagi. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ledakan hebat terjadi di Jalan Kamal, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, hingga berdampak pada rusaknya sejumlah bangunan di kanan dan kiri ruas jalan tersebut.

Rijub, salah satu warga sekitar mengutarakan, ledakan yang terjadi pada, hari Jumat (29/12/2023), sekitar pukul 08.30 WIB itu terdengar sangat nyaring karena rumahnya dengan lokasi ledakan hanya berjarak 200 meter.

Pada ledakan pertama, ia dan sejumlah warga mengaku sangat kaget dan langsung mencari sumber suara ledakan.

“Ledakan pertama itu bunyinya keras sekali, saya di lantai dua rumah saya langsung lihat ke luar ada asap tinggi sekitar 50 meter,” katanya ditemui suarasurabaya.net.

Pria paruh baya itu mengaku mendengar tiga kali ledakan yang terjadi pagi tadi. Rijub menggambarkan suara ledakan itu seperti gemuruh.

Selain itu, Rijub menyebut pada ledakan ketiga, ia sempat melihat suatu benda seperti pipa berukuran satu meter terbang di udara seperti terpental.

“Saya nggak tahu itu apa ya, tapi seperti pipa panjangnya sekitar satu meter dan di belakangnya ada api, itu terbang ke arah Pelabuhan Timur,” ujarnya.

Pengakuan serupa juga disampaikan Muri warga sekitar yang sedang beraktivitas 100 meter dari sekitar TKP. Ia mengaku suara ledakan juga terdengar tiga kali.

Boooom kaya gitu suaranya. Iya panik semuanya berhamburan ke luar rumah,” katanya.

Pria berusia 59 tahun itu juga mengaku melihat benda melayang di udara pascaledakan ketiga. Muri menyebut benda yang belum diketahui itu mengarah ke Pelabuhan Timur.

“Iya itu saya lihat terbang. Katanya jatuh ke laut,” tuturnya.

Pantauan suarasurabaya.net, sekitar enam bangunan lebih di kanan dan kiri ruas Jalan Kamal terdampak ledakan ini. Meski belum diketuahi sumber ledakannya, namun sebuah bangunan rumah nampak hampir hancur sebagian seperti terkena bom.

Sebanyak 10 anggota tim gegana melakukan penyisiran di sejumlah titik hingga pukul 11.30 WIB, sebelum jeda ibadah salat Jumat. Kemudian penyisiran dilanjutkan kembali. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs