Jumat, 26 April 2024

Ketua DPD Minta Sawah Tergusur Proyek Tol di Jatim Dapat Lahan Pengganti

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI. Foto: Kominfo Jatim

LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meminta agar lahan persawahan yang terdampak proyek tol Kediri-Tulungagung mendapat lahan pengganti.

“Badan Pertanahan Nasional harus berkoordinasi dengan kementerian lain terkait relokasi lahan agar lahan persawahan warga yang terdampak mendapat lahan pengganti dengan peruntukan yang sama,” kata LaNyalla dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Rabu (11/1/2023) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, proyek tersebut akan melintasi lebih dari 100 hektare lahan sawah yang akan membuat luas areal persawahan berkurang secara signifikan, dan akan mengurangi produksi padi di Jawa Timur (Jatim).

Oleh sebab itu, kata LaNyalla, penggantian lahan merupakan solusi tepat dalam menjaga produksi padi di Jatim. “Kita perlu berusaha membatasi alih fungsi lahan pertanian produktif, karena ketahanan pangan sangat strategis bagi suatu bangsa,” ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga khawatir dengan penggunaan uang ganti rugi yang diterima warga terdampak.

“Penggunaan lahan untuk kepentingan jalan tol dan uang ganti rugi yang diterima warga bisa menjadikan mereka bersikap konsumtif. Akhirnya bukan hanya kehilangan lahan namun kehilangan mata pencaharian kalau tidak mampu mengelola uang dengan baik,” pungkasnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs