Selasa, 23 April 2024

Kirab Trofi Adipura Kencana di Surabaya Digelar Besok, Tidak Ada Penutupan Jalan Total

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Konferensi pers persiapan kirab trofi Adipura Kencana dan penghargaan KLHK RI lainnya besok, Rabu (1/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar kirab membawa trofi Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI besok, Rabu (1/3/2023) pagi.

Sebanyak 20 mobil hias Jeep Willys akan melintas mulai titik awal Graha Pena kawasan Jalan Ahmad Yani hingga berakhir di Balai Kota Surabaya start pukul 10.00 WIB.

Priyo Utomo Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memastikan tidak akan ada penutupan jalan total.

Seluruh rute yang dilewati arak-arakan mulai dari Jalan A Yani, Wonokromo, Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat, Gubernur Suryo, dan Yos Sudarso hanya dilakukan sistem buka tutup saat kirab melintas.

“Graha Pena InsyaAllah jam 10.00 WIB sudah ada di Graha Pena. Langsung 10.30 WIB pindah berangkat menuju Balai Kota. Diberlakukan sistem buka tutup. Apabila (rombongan kirab) sudah melintas, baru (pengendara lain) bisa ngikutin di belakangnya,” kata Priyo saat konferensi pers di Surabaya, Selasa (28/2/2023).

Sementara khusus dua titik persimpangan yang berdekatan dengan Balai Kota Surabaya, akan ditutup 10 menit sebelum kendaraan melintas masuk ke area Taman Surya, finish kirab.

“Untuk yang di Ngemplak, dari Garnisun, Ngemplak belok kiri menuju balai kota, untuk sementara 10 menit sebelum melintas diarahkan ke simpang dukuh. Itu juga, Jalan Jaksa Agung Suprapto. Bakesbang itu, yang mau melintas dibelokkan semua putar balik. 10 menit aja untuk penutupan biar rombongan masuk ke dalam Taman Surya, baru dibuka lagi,” tambahnya.

Terpisah Achmad Eka Mardijanto Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menyebut, peserta kirab terdiri dari jajaran Pemkot Surabaya, kepala sekolah penerima penghargaan sekaligus perwakilan masyarakat.

“Nanti Pak Wali didampingi teman-teman OPD maupun satgas. Kemudian untuk kepala sekolah yang memperoleh penghargaan. Kemudian untuk Nirwasita Tantra juga beberapa masyarakat ikut di sana. Para pejabat pemkot nanti di Balai Kota,” ujarnya.

Usai kirab, akan ada seremonial penyerahan apresiasi pada warga oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Seremonial kita menyerahkan kepada perwakilan masyarakat Surabaya transaksinya adalah dewan. Jadi kita serahkan kepada ketua dewan,” imbuhnya.

Diketahui, Kota Surabaya kembali menerima penghargaan Adipura Kencana ketujuh kalinya 2022 yang diserahkan hari ini, Selasa (28/2/2023). Surabaya menjadi satu-satunya penerima untuk kategori Kota Metropolitan.

Selain piagam Adipura Kencana 2022, kirab juga juga akan membawa penghargaan Adiwiyata Mandiri, Adiwiyata Nasional, Nirwasita Tantra, dan Proklim yang didapatkan oleh masyarakat dan sekolah dari KLHK RI.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs