Senin, 27 Mei 2024

Kolaborasi ITS-UCL-Unpatti Raih Penghargaan Internasional Bidang Keselamatan Maritim

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Dokumentasi pelaksanaan uji aplikasi Kora-Kora bersama para nelayan di Ambon. Foto: ITS

Aplikasi pemantauan stabilitas kapal ikan hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), University College London (UCL) dan Universitas Pattimura (Unpatti) berhasil meraih penghargaan RINA-LR Maritime Safety Award 2023.

I Ketut Aria Pria Utama tim riset yang juga Guru Besar Teknik Perkapalan ITS menyatakan, RINA-LR merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh The Royal Institution of Naval Architects (RINA) asosiasi profesional bidang kemaritiman terbesar di dunia yang bertempat di London dan bekerja sama dengan Lloyd’s Register Marine and Shipping.

“Dalam penghargaan ini, ide dan kebermanfaatan dari inovasi yang diberikan menjadi aspek utama yang dinilai,” ucapnya pada Senin (3/4/2023).

Ia mengatakan, aplikasi yang diberi nama Kora-Kora tesebut, ke depan dapat digunakan oleh nelayan untuk mengidentifikasi stabilitas kapal ikan saat berlayar.

“Inovasi ini didasari fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat kecelakaan kapal terbanyak di dunia. Masalah ini juga ditunjang dengan kurangnya pengetahuan dan pelatihan seputar keselamatan di laut yang diperoleh oleh para nelayan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, aplikasi tersebut didesain praktis, mudah, dan gratis. Serta, dengan memanfaatkan sensor accelerometer dan giroskop pada ponsel, Kora-Kora dapat secara otomatis membaca gerakan kapal dan memberikan isyarat kondisi kapal menggunakan warna.

“Semisal kapal dalam kondisi aman, aplikasi akan memberikan isyarat warna hijau. Jika dalam keadaan berbahaya, akan berwarna merah,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan, riset kolaborasi yang didanai oleh Newton Fund ini telah berhasil diuji coba kepada para nelayan di Ambon pada Oktober 2022 lalu.

“Sangat praktis, ponsel dengan aplikasi yang telah terpasang dan baterai yang terisi penuh sudah dapat digunakan sebagai alat stabilitas kapal, tak kalah penting, nelayan tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali,” imbuhnya.

Menjadi satu-satunya peraih penghargaan RINA-LR Maritime Safety Award tahun ini, ia berharap, ke depan fitur Kora-Kora dapat terus disempurnakan, sehingga dapat digunakan di berbagai jenis kapal oleh berbagai kalangan.

“Kami juga berharap ke depannya pengembangan aplikasi ini turut didukung dan dipantau oleh kementerian dan instansi terkait,” ucapnya.

Sebagai diketahui, penghargaan RINA-LR Maritime Safety Award itu akan diberikan pada acara Annual Dinner yang akan berlangsung pada Kamis (27/3/2023) mendatang di London, United Kingdom (UK).(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs