Sabtu, 24 Februari 2024

1.331 Calon Mahasiswa Lolos Masuk ITS Lewat SNBP 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi laptop pelajar. Foto: The Straits Times

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) secara resmi mengumumkan hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023, pada Selasa (28/3/2023).

Pada seleksi melalui penjaringan prestasi peserta didik itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meloloskan sebanyak 1.331 calon mahasiswa baru dari berbagai wilayah di seluruh penjuru Indonesia.

Eng Unggul Wasiwitono Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS menjelaskan, kuota 1.331 yang disediakan ITS direbutkan oleh 11.994 peminat.

Ia mengungkapkan, meskipun terjadi penurunan jumlah peminat dibandingkan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun sebelumnya, tetapi tidak menjadi masalah besar.

“Penurunannya pun tidak terlalu signifikan hanya satu persen,” ucapnya.

Daftar departemen di ITS dengan peminat terbanyak pada seleksi SNBP 2023. Foto: Humas ITS

Ia mengatakan, kuota untuk jalur SNBP mengambil porsi 20 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru ITS 2023. Lebih rincinya, jumlah calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP sebanyak 28,5 persen calon mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan 71,5 persen calon mahasiswa reguler.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan bahwa sebaran pendaftar SNBP ITS didominasi oleh siswa asal Provinsi Jawa Timur.

Lebih lanjut, untuk peminat terbanyak diduduki oleh Departemen Teknik Informatika yakni sebanyak 1.449 peminat, kemudian disusul Departemen Teknik dan Sistem Industri sebanyak 627 peminat, dan Departemen Sistem Informasi sebanyak 563 peminat.

Meskipun telah dinyatakan lolos, ia mengingatkan masih ada tahapan pendaftaran untuk para calon mahasiswa baru yang lolos. Oleh karena itu, ia berpesan agar para calon mahasiswa baru dapat bertanggung jawab dan menuntaskan proses registrasi ulang.

Meski tidak ada sistem blacklist, ia menegaskan, kegagalan dalam menyelesaikan tahap ini akan tetap berdampak pada sekolah asal pendaftar.

“Kuota penerimaan mahasiswa baru asal sekolah bersangkutan akan dikurangi untuk periode tahun depan,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh peserta yang dinyatakan lolos melalui jalur SNBP agar segera membaca pengumuman jadwal dan persiapan registrasi ulang pada laman its.ac.id/admission.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS itu juga mengucapkan selamat dan harapan terbaik kepada calon mahasiswa baru yang berhak menjadi bagian dari keluarga besar ITS.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
30o
Kurs