Kamis, 22 Februari 2024

Komisi I DPR Berikan Persetujuan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jenderal TNI Agus Subiyanto KSAD usai menjalani fit and proper test calon Panglima TNI, Senin (13/11/2023), di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Foto: Farid Suara Surabaya

Komisi I DPR RI, siang hari ini, Senin (13/11/2023), selesai menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Jenderal TNI Agus Subiyanto Kepala Staf Angkatan Darat sebagai calon Panglima TNI.

Sesudah berjalan sekitar dua jam dari pukul 10.15 WIB, sembilan fraksi di DPR RI memberikan persetujuan kepada Jenderal Agus menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Komisi I DPR juga setuju memberhentikan dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono yang sebentar lagi memasuki masa purna tugas.

Persetujuan itu disampaikan Meutya Hafid Ketua Komisi I DPR RI dalam keterangan pers bersama, di Ruang Rapat Komisi I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Komisi I juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi,” ujar legislator dari Fraksi Golkar itu.

Proses selanjutnya, kata Meutya, Komisi I DPR RI akan membawa hasil Rapat Dengar Pendapat Umum hari ini ke rapat paripurna, untuk meminta persetujuan dewan.

Sebelumnya, di hadapan Pimpinan dan Anggota Komisi I DPR RI, Jenderal Agus menyampaikan visi TNI PRIMA, yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif.

Menurutnya, TNI PRIMA diperlukan untuk membangun industri TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur, guna mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, dan tantangan yang membahayakan integritas Bangsa dan Negara.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs