Senin, 29 April 2024

Komisi III Dorong Peningkatan Kerja Sama Antarlembaga Penegak Hukum Cegah Penyelundupan Narkoba

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ahmad Sahroni Ketua Panita Formula E Jakarta. Foto: Istimewa

Ahmad Sahroni Wakil Ketua Komisi III DPR RI menekankan pentingnya kerja sama lembaga penegak hukum untuk mengawasi penyelundupan narkoba ke Indonesia. Sehingga, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan baik.

Legislator dwri Fraksi NasDem itu mencontohkan kerja sama tim gabungan Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng. 

Sejak 18 Juli-6 Agustus 2023, tim gabungan tersebut berhasil mengungkap dua kasus narkoba jaringan internasional.

Menurut Sahroni, upaya penyelundupan narkoba ke Tanah Air tidak akan ada habisnya. Para bandar selalu berupaya menjalankan bisnis mereka di Indonesia.

“Kerja sama antarlembaga hukum sangat penting demi mencegah masuknya barang haram narkoba ke Indonesia. Makanya, kinerja dari tim Bea Cukai dan Polresta Soetta sudah sangat baik, karena bandara merupakan salah satu gerbang masuknya narkoba,” ujarnya di Jakarta, Minggu (29/10/2023).

Anggota dewan daerah pemilihan DKI Jakarta III itu mendorong Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan lembaga terkait terus meningkatkan koordinasi.

Dengan begitu, seluruh bandara di Indonesia bisa selamat dari berbagai kemungkinan penyelundupan barang haram narkoba.

“Saya kira aturan saat ini memungkinkan aparat untuk bisa melakukan itu semua,” imbuhnya.

Sedangkan untuk di pelabuhan, Sahroni menilai masih ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Jangan sampai upaya menutup pintu masuk narkoba dari luar negeri berdampak negatif terhadap proses ekspor dan impor.

“Sesuai arahan Presiden, kita harus terus bisa konsisten tekan dwelling time tanpa mengurangi aspek pengawasan yang ada,” imbuh Sahroni.

Sebelumnya, tim gabungan Bea Cukai dan Polresta Soetta berhasil mengungkap dua kasus narkotika jaringan internasional dan menangkap empat tersangka kedua kasus tersebut. Petugas mengamankan 3,4 kilogram sabu, 4.064 butir pil happy five, dan 494,79 gram ketamine.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs