Sabtu, 20 April 2024

Korban Longsor di Ponorogo Dapat Bantuan Rumah hingga Hewan Ternak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu warga terdampak longsor yang mendapat bantuan relokasi rumah dan kipas angin, Sabtu (11/3/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan bantuan kepada korban tanah longsor Gunung Banyon di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Bantuan yang diberikan berupa rumah, beasiswa, hingga hewan ternak.

Rincinya, rumah, kompor gas dan kipas angin masing-masing 22 unit, 71 ekor kambing, serta beasiswa Rp500 ribu untuk siswa SD, Rp750 ribu untuk siswa SMP, dan Rp1 juta bagi siswa SMA.

“Khusus pelajar yang menerima beasiswa, saya minta diperhatikan dan belajar yang rajin supaya bisa bermanfaat untuk sesama,” ucap Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam keterangannya, Minggu (12/3/2023).

Sedangkan untuk 22 unit bantuan rumah, sekaligus dilakukan relokasi supaya warga yang terdampak sebelumnya diharapkan tidak tertimpa peristiwa serupa.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Jatim juga menyerahkan 50 zakat produktif dari Baznas Jatim bagi masyarakat. Kata Khofifah, zakat produktif itu nantinya akan dikelola masyarakat dengan harapan para penerimanya mampu menghasilkan sesuatu dan berdaya.

“Kami harap dana zakat yang diberikan dikembangkan untuk membuka usaha yang mampu memenuhi kebutuhan hidup, dan tidak dihabiskan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif,” jelasnya.

Tujuan dari pengelolaan zakat secara produktif, menurutnya untuk meningkatkan kesejahteraan penerima zakat dan mendapatkan manfaat lebih dari dana yang diterima.

“Sehingga nantinya mereka yang sebelumnya sebagai penerima zakat (mustahik) berubah menjadi orang yang wajib mengeluarkan zakat (muzakki),” imbuh Gubernur Jatim.

Sementara itu, Sri Utami (40) salah satu warga penerima bantuan menuturkan, relokasi hunian tetap ini mebuat dirinya sekeluarga tak lagi merasa was-was apabila terjadi hujan intensitas tinggi.

“Kalau hujan deras sering merasa khawatir apabila terjadi bencana lagi. Sekarang Alhamdulillah merasa aman karena lokasi huntap yang diberikan lebih aman,” ujarnya.

Senada dengan warganya, Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemprov Jatim. Dia berharap bantuan yang diberikan kepada warganya bisa bermanfaat. (wld/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs