Kamis, 2 Mei 2024

Korea Utara Disebut Tembakkan Rudal ke Laut Kuning

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Orang-orang menonton TV yang menyiarkan laporan berita tentang peluncuran rudal balistik Korea Utara pada April lalu. Foto: REUTERS

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah ke arah Laut Kuning pada Sabtu (22/7/2023).

Pihak intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang menganalisa peluncuran tersebut. Yang disebut dilakukan pada pukul 04.00 pagi waktu setempat, untuk mempelajari tipe rudal dan detail lainnya lebih lanjut.

“Militer kami telah meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan sambil bekerja sama erat dengan AS dan mempertahankan kesiapsiagaan,” kata JCS dilansir Antara.

Peluncuran rudal itu terjadi tiga hari setelah Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur.

Tindakan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea menyusul kunjungan pelabuhan kapal selam AS berkemampuan nuklir selama lebih dari 40 tahun dan sesi perdana Kelompok Konsultatif Nuklir Korea Selatan-AS awal pekan ini.

USS Kentucky (SSBN 737), kapal selam rudal balistik nuklir (SSBN) kelas Ohio seberat 18.750 ton, meninggalkan pangkalan angkatan laut Busan pada Jumat (21/7/2023).

Korea Utara mengutuk kunjungan itu. Mereka mengatakan pengerahan SSBN dapat melanggar hukum karena penggunaan senjata nuklirnya.

Sebelumnya pada Maret, Korea Utara mengatakan negaranya meluncurkan rudal jelajah strategis “dipasangi hulu ledak uji meniru hulu ledak nuklir.”

Pada saat itu, media milik negara Korut mengatakan dua rudal jelajah strategis tipe “Hwasal-1” dan dua rudal jelajah strategis tipe “Hwasal-2” yang diluncurkan di Provinsi Hamgyong Selatan, secara akurat mengenai target yang dipasang di Laut Timur. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs