Kamis, 28 Maret 2024

Korsel, Jepang dan AS Sepakat Gelar Latihan Militer Merespons Ancaman Korea Utara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dokumentasi warga Korea Selatan menyaksikan peluncuran rudal Korea Utara melalui saluran TV pada 2022 lalu. Foto: BBC

Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat dan Jepang sepakat menggelar latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal ancaman Korea Utara (Korut) yang semakin membesar.

Melansir laporan Antara, Minggu (16/4/2023), kesepakatan tiga negara itu terjadi pada Perundingan Trilateral Pertahanan (DTT) tingkat senior di Washington, Jumat (14/4/2023) waktu setempat.

Kesepakatan diambil di tengah ketegangan yang disebabkan uji coba senjata terbaru Pyongyang, termasuk rudal balistik antarbenua Hwasong-18 (ICBM), Kamis (13/4/2023) lalu.

“Perwakilan ketiga negara memutuskan untuk rutin melakukan latihan pertahanan rudal dan antikapal selam guna menangkal dan menghadapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara,” kata Kementerian Pertahanan Korsel dalam keterangan pers.

Mereka juga akan saling melakukan konsultasi tentang cara melanjutkan program pelatihan trilateral, termasuk larangan maritim dan operasi antipembajakan.

Delegasi tiga negara masing-masing dipimpin Heo Tae-keun Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Korsel, Ely Ratner Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik, dan Kazuo Masuda Direktur Jenderal untuk Kebijakan Pertahanan Jepang.

DTT sebelumnya diadakan pada 2020 lalu. Tapi, perundingan itu tidak digelar pada 2021 dan tahun lalu akibat pandemi Covid-19, serta Seoul dan Tokyo yang bersitegang. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs