Minggu, 3 Maret 2024

800.000 Warga Korut Mendaftar Militer untuk Perang Melawan Amerika

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sebuah rudal ditampilkan saat parade militer untuk memperingati 75 tahun berdirinya tentara Korea Utara, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Korea Utara pada 8 Februari 2023. Foto Reuters

Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa sekitar 800.000 warganya secara sukarela telah bergabung atau mendaftar ulang dalam militer untuk berperang melawan Amerika Serikat (AS), surat kabar Korea Utara melaporkan pada Sabtu (18/3/2023).

Dilansir dari Antara, pada Jumat (17/3/2023), sekitar 800.000 dari kaum pelajar hingga pekerja di seluruh Korut, telah menyatakan keinginan mereka bergabung di militer untuk melawan AS.

Klaim itu muncul setelah Korut pada Kamis (16/3/2023) meluncurkan rudal balistik antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) Hwasong-17 sebagai tanggapan terhadap latihan gabungan militer AS-Korea Selatan yang sedang berlangsung.

Korut meluncurkan rudal ICBM ke laut di antara semenanjung Korea dan Jepang pada Kamis waktu setempat, beberapa jam sebelum Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol terbang ke Tokyo untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) guna membahas cara-cara melawan ancaman Korut yang memiliki senjata nuklir.

Rudal balistik Korut dilarang di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB dan aktivitas peluncuran itu mendapat kecaman dari Pemerintah Seoul, Washington dan Tokyo.

Pasukan Korea Selatan dan AS pada Senin (13/3/2023) telah memulai latihan bersama yang akan berlangsung selama 11 hari. Latihan gabungan tersebut diadakan dalam skala yang tidak pernah terjadi sebelumnya sejak 2017 untuk melawan ancaman Korut yang semakin meningkat.

Pemimpin Korut Kim Jong-un menuduh AS dan Korea Selatan telah meningkatkan ketegangan dengan aktivitas latihan gabungan militer tersebut.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs