Minggu, 12 Mei 2024

Lebih dari 1,6 Juta Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Tiba di Tanah Suci

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jamaah Indonesia bersiap mengikuti rangkaian puncak haji. Jamaah haji Indonesia secara bertahap akan diberangkatkan dari hotel mereka masing-masing menuju Arafah pada Senin, 26 Juni 2023. Foto: Antara

Sebanyak 1.655.188 orang dari seluruh dunia tiba di Arab Saudi hingga Sabtu (24/6/2023) akhir pekan lalu untuk melaksanakan ibadah haji.

Menurut Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi, dari jumlah itu, 242.272 orang di antaranya adalah penerima manfaat Inisiatif Rute Makkah yang tiba dengan pesawat. Sedangkan 60.768 orang melalui darat dan sisanya 6.830 orang tiba melalui laut.

Melansir Antara, Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi prosedur masuk jamaah haji.

Termasuk melengkapi pos-pos pemeriksaan paspor di semua perlintasan perbatasan dengan perangkat teknologi terbaru.

Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi juga mengerahkan personel yang menguasai berbagai bahasa untuk membantu mekanisme masuk jemaah haji.

Sementara itu, Mansour Abdullah Al-Tuairqy Kepala Pusat Layanan Informasi pada Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan, pihaknya siap melayani jemaah haji yang membutuhkan informasi seputar layanan haji.

Layanan ini meliputi informasi mengenai tempat-tempat bersejarah, pos polisi, rumah sakit, transportasi, dan panduan umrah, yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia, Turki, Hausa, dan China.

Dia mengatakan, jemaah haji dapat memanfaatkan layanan itu dengan memindai kode QR/barcode pada ponsel. (ant/dvn/saf/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
34o
Kurs