Selasa, 25 Juni 2024

Lomba KSH dan Bank Sampah Sukses Turunkan 5-9 Ton Sampah Per Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba KSH dan lomba Bank Sampah di halaman Balai Kota Surabaya, Sabtu (16/12/2023). Foto: surabaya.go.id

Lomba Kampung Surabaya Hebat (KSH) dan lomba Bank Sampah yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sukses turunkan lima hingga sembilan ton sampah perhari.

Hal tersebut diungkapkan waktu penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba KSH dan lomba Bank Sampah tersebut, di halaman Balai Kota Surabaya, Sabtu (16/12/2023) kemarin.

Armuji Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa Kampung Surabaya Hebat bukan hanya sekadar gelar, melainkan cerminan dari kebersamaan, keuletan, dan semangat gotong-royong yang tumbuh subur di setiap sudut kota ini.

“Kehebatan sebuah kampung tidak hanya diukur dari bangunan fisik, tetapi juga dari kesejahteraan sosial, pendidikan, lingkungan yang bersih, dan rasa kebersamaan yang terjalin erat di antara kita,” katanya.

Sementara Bank Sampah bukan hanya sekadar program, tetapi juga sebuah gerakan nyata menuju keberlanjutan dan kebersihan lingkungan hidup.

“Dengan keikutsertaan aktif warga Surabaya, kita telah membuktikan bahwa tindakan kecil, seperti memisahkan sampah, dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan lingkungan kita. Karenanya, saya menyampaikan terimakasih kepada semua peserta yang telah ikut serta dalam kompetisi ini,” ujarnya.

Menurutnya, Bank Sampah, tidak hanya mengelola sampah dengan bijak, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi dan membangun komunitas yang peduli lingkungan.

Oleh karena itu, dia mengajak kepada semua pihak untuk menjadikan hal ini sebagai gaya hidup sehari-hari, sehingga kelak dapat mewariskan lingkungan yang bersih dan sehat kepada generasi mendatang.

“Selamat kepada para pemenang. Mari bersama-sama kita wujudkan perubahan yang berkelanjutan,” katanya.

Sementara Agus Hebi Djuniantoro Kepala (DLH) Kota Surabaya menjelaskan kompetisi Kampung Surabaya Hebat pada tahun 2023 diikuti sekitar 1.360 RW atau peserta. Setelah melalui berbagai tahapan verifikasi dan seleksi, akhirnya dipilih 75 pemenang dari berbagai kategori yang telah ditetapkan.

Sedangkan untuk lomba Bank Sampah pada tahun 2023 ini diikuti oleh 592 peserta dan dipilih 30 besar yang terbaik. Dari 30 besar itu dipilih juara 1-10.

Adapun peserta lain dari dua lomba tersebut tetap diberikan penghargaan, karena juga turut berpartisipasi aktif dan melakukan berbagai usaha yang luar biasa dalam mengelola Bank Sampahnya.

“Dengan adanya lomba-lomba ini, ternyata ada sudah ada sejumlah perbaikan di tengah-tengah masyarakat, salah satu contohnya berkat lomba KSH bisa mengurangi sampai 4-5 ton perhari, dan berkat lomba Bank Sampah, Surabaya bisa menurunkan sampah sembilan ton perhari,” kata dia.

Selain itu, dengan adanya lomba ini juga berdampak pada pengentasan kemiskinan di Kota Surabaya. Pasalnya, di berbagai kampung itu sudah terbentuk UMKM-UMKM yang juga bisa menambah pendapatan warga miskin, karena memang salah satu indikator penilaian dari KSH itu adalah pemberdayaan UMKM, sehingga di kampung-kampung itu banyak terbentuk UMKM.

“Ada sekitar 2.200 UMKM yang terbentuk dengan adanya lomba ini. Artinya, perekonomiannya juga jalan dengan lomba ini. Bahkan, dari sisi kesehatannya juga menunjukkan hal yang baik, seperti demam berdarahnya menurun, TBC-nya menurun, dan ISPA-nya juga menurun. Nah, keberhasilan-keberhasilan itulah yang akan terus kami lanjutkan ke depannya, sehingga tidak mandek hanya karena lombanya sudah selesai. Kita terus tindaklanjuti,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs