Sabtu, 18 Mei 2024

Mahkamah Agung Prancis Perkuat Keputusan Pemerintah Larang Abaya di Sekolah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi pakaian abaya. Foto: Antara

Pemerintah Negara Prancis melalui Mahkamah Agung (MA) memberlakukan aturan tentang larangan untuk mengenakan pakaian abaya di lingkungan sekolah.

Hal tersebut membuat kelompok hak asasi manusia (HAM) Muslim di Negara Prancis mengajukan banding terhadap larangan abaya, akan tetapi pihak MA menolaknya karena keputusan yang dibuat pemerintah sudah sah.

“Larangan ini tidak melanggar hak untuk menghormati kehidupan pribadi, kebebasan beragama, hak pendidikan atau prinsip non-diskriminasi,” kata MA Prancis, melansir Antara, Kamis (7/9/2023).

Menurut pengadilan tertinggi Prancis, larangan tersebut tidak mendiskriminasikan umat Islam. MA juga menjelaskan bahwa penggunaan abaya dan gamis di sekolah yang marak pada akhir tahun ajaran 2022-2023, sudah sesuai dengan logika afirmasi agama.

Pemerintah Prancis memang sejak awal melarang siswa siswi menggunakan aksesoris atau pakaian yang secara mencolok menunjukkan identitas agama di lingkungan sekolah.

“Lebih dari 60 siswi beragama muslim menolak melepaskan abaya mereka di sekolah,” ujar Gabriel Attal Menteri Pendidikan Prancis.

Aturan kontroversial itu memicu serangan balik terhadap pemerintah, yang dalam beberapa tahun terakhir dikritik lantaran menyasar Muslim dengan pernyataan dan kebijakan termasuk penggeledahan masjid dan badan amal. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs