Senin, 29 April 2024

Masjid Nasional Al Akbar Siap Menampung 60 Ribu Jemaah Salat Idulfitri 1444 H

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pelaksanaan Ibadah Tarawih perdana Ramadan 1444 Hijriyah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Rabu (22/3/2023). Foto: Humas Masjid Al-Akbar

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sudah siap menyambut ibadah salat Idulfitri 1444 Hijriah yang digelar Sabtu (22/4/2023) besok. Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar mengatakan, kapasitas masjid siap menampung 60 ribu jemaah.

“Al Akbar memberikan kesempatan seluasnya kepada jemaah untuk beribadah Salat Id di Al Akbar Surabaya,” kata Helmy, Jumat (21/4/2023).

kata Helmy, seluruh lantai di Masjid Al Akbar Surabaya telah disiapkan pihaknya jauh-jauh hari supaya bisa dipakai para jemaah Salat Id besok.

Nantinya, 45 pintu di lantai satu akan dibuka semua. Begitupun dengan semua pintu yang berada di lantai dua. “Di pelataran masjid di halaman timur, utara, selatan, juga akan kita gunakan untuk Jemaah Salat Id,” imbuhnya.

Helmy melanjutkan, karena semua area termasuk tempat parkir bakal dipakai untuk salat Id, dirinya mengimbau supaya para jemaah untuk memarkir kendaraannya di luar area Masjid Al Akbar.

“Jadi pager mobil itu di luar semuanya. Gereja sebelah juga sudah kirim surat kepada kita, dipersilahkan area parkir gereja yang besar (untuk jemaah),” jelas Helmy.

Selain itu, sejumlah petugas dan tim medis juga dipersiapkan di sekitar Masjid Al Akbar. Kesiagaan petugas itu bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada jemaah yang sakit waktu salat.

Helmy juga mengatakan kalau pihaknya telah menyiapkan empat mobil ambulans, rumah sakit rujukan, hingga para dokter. “Mudah-mudahan tidak bekerja saat salat berlangsung, artinya semua jemaah sehat,” ungkapnya.

Kemudian yang tidak kalah penting, Helmy mengimbau agar para jemaah membawa tas untuk dijadikan wadah sandal supaya bisa dibawa masuk ke dalam masjid. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kerumuman ketika salat selesai.

“Sandal atau sepatu masukan tas, kemudian dibawa ke dalam, taruh di depannya pas salat. Kita sudah siapkan depannya longgar,” pungkas Helmy.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs