Senin, 29 April 2024

Menkes Ajak Masyarakat Beralih ke Transportasi Publik untuk Kurangi Polusi

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mengemukakan pentingnya penerapan gaya hidup sehat pada acara hari bebas kendaraan bermotor. Foto: Antara

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mengajak warga untuk menggunakan sarana transportasi publik guna mengurangi polusi udara yang sedang meliputi sejumlah kota besar.

Budi mengimbau warga untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke sarana angkutan umum. Hal itu disampaikan pada acara hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta Pusat, Minggu (27/8/2023).

“Masyarakat bisa bantu supaya menjadikan udara lebih bersih dan lebih sehat yang membuat langit lebih biru dengan mengurangi pakai mobil dan motor,” ujarnya, dilansir Antara.

Menteri Kesehatan juga mengingatkan untuk bersepeda, berjalan kaki, dan rutin berolahraga di sela-sela kesibukan agar badan tetap sehat dan bugar.

“Sekarang banyak penyakit itu bukan karena kurang makan, tetapi karena kebanyakan makan. Lantas bagaimana caranya orang-orang yang suka makan, apa yang mesti dikurangi? Tidak usah. Yang penting banyak olahraga, banyak jalan kaki, banyak naik sepeda, dan banyak lari,” katanya.

Dia mengemukakan bahwa penyebab utama polusi udara di perkotaan adalah dari emisi gas dari kendaraan bermotor serta pengoperasian pembangkit listrik dan mesin-mesin industri yang menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber energi.

“Polusi udara dapat diturunkan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor serta meningkatkan penggunaan sumber energi bersih dalam pengoperasian pembangkit listrik maupun mesin-mesin industri,” pungkasnya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs