Senin, 29 April 2024

Menkes: Program Vaksinasi Covid-19 Gratis Cuma Sampai Akhir Tahun 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan menjalani vaksinasi tahap kedua di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengatakan, program vaksinasi Covid-19 gratis bagi masyarakat akan berakhir tanggal 31 Desember 2023.

Artinya, vaksinasi Covid-19 tidak akan ditanggung negara alias berbayar mulai tahun 2024.

“Kami diminta sampai akhir tahun ini biaya vaksinasi masih ditanggung negara,” ujarnya di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Walau begitu, Budi menyebut kelompok masyarakat berisiko tinggi dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan masuk kategori yang dikecualikan dari vaksinasi berbayar.

Kelompok masyarakat berisiko tinggi antara lain orang lanjut usia dengan komorbid, dewasa muda dengan komorbid khususnya obesitas, dan masyarakat yang memiliki gangguan kekebalan tubuh semisal positif HIV.

Lebih lanjut, Menkes menegaskan vaksinasi Covid-19 tetap dibutuhkan walau Indonesia sudah berstatus endemi.

Menurutnya, vaksinasi penting untuk mencegah penularan Covid-19 dan meminimalisir gejala berat. Sehingga, orang yang terinfeksi virus Corona tidak perlu mendapat perawatan medis di rumah sakit.

Terkait kebijakan itu, Maxi Rein Rondonuwu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI menyatakan, regulasi terbaru soal vaksinasi gratis mulai 1 Januari 2024 cuma untuk kelompok masyarakat berisiko tinggi dan peserta PBI BPJS Kesehatan.

Sekadar informasi, pemerintah menggelar program vaksinasi Covid-19 gratis untuk meningkatkan imunitas kelompok masyarakat mulai 13 Januari 2021. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs