Minggu, 16 Juni 2024

Menko PMK: 38 Persen Tenaga Kerja Formal Generasi Sandwich

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Foto: Antara

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK) mengungkapkan, sebanyak 38 persen tenaga kerja di sektor formal merupakan bagian dari generasi sandwich.

“Generasi sandwich merujuk pada individu yang orang tuanya tidak pernah berpengalaman bekerja di sektor formal,” kata Muhadjir dalam acara simposium Dampak Hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Menurutnya, konsekuensi dari kondisi generasi itu adalah beban terdapat dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah, sebagaimana diibaratkan seperti sebuah sandwich.

“Mereka terjebak dalam situasi di mana mereka harus merawat orang tua dan juga menghadapi tanggung jawab terhadap anak-anak atau keluarga mereka sendiri,” ungkapnya seperti dilansir Antara.

Kata Muhadjir, semisal terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap generasi tersebut, maka akan berpotensi menimbulkan kemiskinan secara massal.

Kondisi tersebut, lanjutnya, semakin diperparah kalau mereka tidak memiliki keterampilan yang cukup baik, dan hal itu dapat mengakibatkan penurunan ekonomi yang signifikan ketika mereka kehilangan pekerjaan.

Fenomena generasi sandwich, lanjut Menko PMK, menjadi salah satu penyebab fluktuasi angka kemiskinan yang terus berubah-ubah.

Dia menilai permasalahan itu menjadi tantangan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Muhadjir menekankan pentingnya perhatian, pengembangan keterampilan, dan pemberian pelatihan kepada generasi sandwich agar mereka mampu bersaing di pasar kerja, mengurangi risiko kemiskinan yang berlebihan, serta mendukung penguatan ekonomi negara.

“Perhatian terhadap kondisi tenaga kerja di Indonesia dan mengambil langkah-langkah konkret dapat memperkuat keterampilan dan stabilitas ekonomi bagi generasi sandwich dalam upaya mengatasi fluktuasi angka kemiskinan,” tandasnya.(ant/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs