Sabtu, 2 Maret 2024

Menparekraf Sebut Karhutla Bromo Pengaruhi Okupansi Hotel

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Antara

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI menyebut kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, mempengaruhi okupansi atau tingkat hunian tamu hotel sekitar.

“Yang terjadi di Bromo sangat kami prihatinkan, dampaknya negatif,” katanya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (14/9/2023) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, terjadi penurunan tingkat okupansi hotel hingga 80 persen, yakni dari di kisaran 100 menjadi 20 persen.

Berdasarkan kajian tersebut, dia minta seluruh pengelola taman nasional melakukan kajian sehingga aspek keselamatan pengunjung lebih diperhatikan.

Dengan demikian, menurut Sandi, akan tercapai sektor pariwisata yang berkelanjutan. Ia juga berharap pihak yang menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut diberikan sanksi hukum agar ada efek jera ke depannya.

“Hukum harus mampu memberikan keadilan karena banyak yang terdampak, terutama pelaku ekonomi,” katanya.

Selain itu, menurut dia, juga perlu dilakukan evaluasi menyeluruh agar wisata berbasis alam agar mengacu CHSE (kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan).

Sementara itu, terkait dengan target pergerakan wisatawan pada tahun 2023 ini diharapkan bisa mencapai 1,2-1,4 miliar pergerakan. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2022 yakni 700 juta pergerakan wisatawan.

“Akhir Juni lalu masih di kisaran 400-500 juta pergerakan. Harapannya ada dorongan di libur Natal dan Tahun Baru agar mencapai target,” katanya. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs