Sabtu, 27 April 2024

Menteri PPPA Minta Pemudik Disediakan Tempat Duduk hingga Lampu Penerangan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Foto: Antara

I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), meminta agar disediakan tempat duduk hingga lampu penerangan yang memadai untuk pemudik Lebaran 2023.

Bintang mengajak seluruh pihak untuk menciptakan iklim dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi perempuan dan anak, sehingga dapat bersama-sama menikmati indahnya Hari Raya Idulitri 1444 Hijriah.

“Harapan saya, selain mengutamakan keselamatan dengan ramp check kendaraan, uji kesehatan sopir, dan lain-lain, tentunya suasana aman dan nyaman selama perjalanan juga mesti diciptakan,” kata Bintang seperti dilansir Antara, Sabtu (15/4/2023).

Menurut Menteri PPPA, penyediaan tempat duduk yang memadai menjadi penting bagi perempuan dan anak, saat bepergian jauh pada pekan libur lebaran 1444 H yang berlangsung 19 April hingga 1 Mei 2023 nanti.

Selain meminimalkan kemungkinan pelecehan seksual yang bisa saja terjadi, kata dia, ini juga penting demi keamanan. Karena mudik dan perjalanan jauh tentu melelahkan dan berisiko bagi kesehatan ibu menyusui dan anak-anak.

“Demi kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan mudik, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya selama perjalanan dari hal-hal yang sifatnya kebutuhan spesifik, terutama untuk perempuan dan anak,” ungkapnya.

Salah satu pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak itu seperti tersedianya ruang laktasi untuk memberi kesempatan bagi anak memperoleh air susu ibu (ASI).

Terakhir, Bintang pun mengingatkan soal lampu penerangan yang memadai. “Ini penting diperhatikan bagi setiap penyedia jasa transportasi umum,” pungkasnya. (ant/ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs