Kamis, 2 Mei 2024

Meski Gagal Eksekusi Penalti di Final AFF U-23, Erick Thohir Sebut Ernando Ari Pahlawan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Erick Thohir Ketum PSSI ditemui di ASSEC Tower Universitas Airlangga Kampus B, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/8/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ernando Ari kiper Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi tendangan penalti dalam laga final Piala AFF U-23 melawan Vietnam, Sabtu (26/8/2023) kemarin.

Meskipun gagal melaksanakan tugasnya hingga menyebabkan Indonesia gagal juara di partai final, Ernando justru dianggap pahlawan oleh Erick Thohir Ketua Umum PSSI.

“Ernando itu saya rasa pahlawannya kalau di penalti pertama sudah gol dan dia tahan, kan ada pinalti, itu mungkin tidak ada perpanjangan waktu dan tentu dia sudah memberikan yang terbaik pada saat adu pinalti pada saat latihan sudah dilakukan. Saya rasa ini kiper masa depan Indonesia,” kata Erick ditemui di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/8/2023).

Sepanjang laga final yang berlangsung di Stadion Rayong, Thailand, Ernando mendapat tekanan dari serangan para punggawa muda Vietnam.

Selain menggagalkan tendangan penalti dari Nguyen Quoc Viet pada menit ke 34, Ernando juga mampu menghalau sepakan keras Pham Dinh Duy. Kiper Persebaya itu tampil konsisten di sepanjang pertandingan.

Erick mengaku bangga dan terharu terhadap punggawa muda Garuda yang tampil agresif kemarin. Menurutnya, nyali dan mental pemain yang haus gol harus ditonjolkan di setiap laga timnas.

“Inilah nyali yang selalu saya bilang. Tim nasional kita harus punya nyali dan ini kemarin senior main lawan Argentina 2-0, Sea Games juara, dan hari ini AFF masuk final. Tidak dipandang sebelah mata tapi benar-benar dengan segala keterbatasan bisa,” katanya.

Selain itu Erick juga berterimakasih kepada para klub di Liga 1 Indonesia yang sudah mengizinkan pemainnya untuk berkontribusi memperkuat Timnas Indonesia.

“Saya apresiasi dengan para pemain yang mau komitmen dengan merah putih. Saya juga apresiasi kepada klub yang memberikan kesempatan untuk merah putih berkembang dan tentu para ofisial yang terus melakukan ini,” tandasnya. (wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kamis, 2 Mei 2024
Kurs