Sabtu, 4 Mei 2024

Mudik dan Libur Lebaran, BPH Migas Sebut Konsumsi BBM Mencapai Puncak

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Wahyudi Anas bersama PGN Sales and Operation Region III (SOR III) melakukan pemantauan keamanan layanan gas bumi di sejumlah daerah yang menjadi kantong pemudik di wilayah Jawa Timur, Selasa (18/4/2023). Foto: Humas PGN

Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Wahyudi Anas bersama PGN Sales and Operation Region III (SOR III) melakukan pemantauan keamanan layanan gas bumi di sejumlah daerah yang menjadi kantong pemudik di wilayah Jawa Timur, Selasa (18/4/2023).

Wahyudi Anas mengatakan, tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka posko Kementerian ESDM terkait dengan penyediaan energi untuk masyarakat, baik jaringan gas (jargas) bumi maupun SPBG.

“BPH Migas bertugas memastikan terhadap penyaluran BBM baik subsidi maupun non subsidi kepada masyarakat dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1444 H melalui posko Satgas RAFI yang dimulai pada 10 April hingga 2 Mei 2023,” terang Wahyudi Anas usai melakukan pemantauan di SPBG Ngagel, Surabaya.

Dari pantauan yang dilakukan, maka terlihat adanya perbedaan siklus konsumsi antara gas bumi dan BBM.

“Kalau BBM, saat ini puncak-puncaknya, karena masyarakat banyak melakukan aktivitas mudik dan berlibur ke destinasi wisata sehingga kebutuhan BBM harus dipersiapkan dan harus ditambah. Kalau gas bumi, karena rata-rata industri libur, maka justru over suplai,” ungkapnya.

Menurut Wahyudi, penurunan konsumsi gas bumi di Jatim dan Jateng sudah mulai terlihat. Jika di hari normal rata-rata konsumsi industri mencapai 210-220 mmscfd, maka konsumsi saat ini sudah turun 30 persen mmscfd menjadi menjadi 170 mmscfd.

“Bahkan di saat puncak Lebaran, bisa turun menjadi 50-60 mmscfd. Itu terjadi mulai H-5 hingga H-5 lebaran. Sektor komersial kategori UMKM turun tipis. Sedangkan restoran dan rumah tangga stabil,” tandas Wahyudi.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs