Kamis, 29 Februari 2024

Pertamina Tambah Stok dan Siagakan Motoris Pengirim BBM Selama Lebaran

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tim motoris yang akan siaga di jalur tol dan non tol selama masa mudik Lebaran, Jumat (14/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menambah stok semua produk Bahan Bakar Minyak (BBM) 15 persen dari ketersediaan normal selama masa mudik Lebaran 2023.

Dwi Puja Ariestya General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengatakan, peningkatan stok itu diprediksi cukup sampai masa mudik selesai bahkan hingga akhir Mei 2023.

“Sebesar 15 persen dari stok harian rata-rata . Harapannya bisa mengcover sampai akhir masa ini. Bahkan sampai akhir bulan Mei, jadi harapannya tidak terjadi masalah terkait stok,” kata Ariestya saat mengecek kesiapan di Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto KM 725A, Jumat (14/4/2023).

Penambahan stok itu, lanjutnya, karena hampir semua BBM diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan.

“Bensin atau gasoline 7 persen, avtur 13 persen, LPG 7,9 persen, bahan bakar kereta api 4,5 persen. Hanya gasoil yang diprediksi turun 10 persen karena mobil niaga sudah tidak bisa beroperasi,” imbuhnya.

Dwi Puja Ariestya GM PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengecek kesiapan tim motoris selama masa mudik Lebaran 2023, Jumat (14/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain ketersediaan stok, Pertamina juga kembali menyiagakan 100 motoris, tim mobile menggunakan motor untuk memenuhi kebutuhan bbm kemasan ke pengendara. Mereka akan melintas di jalur tol maupun arteri.

“Luar tol, bisa menerima orderan bisa langsung. Yang tol, kerja sama dengan Jasa Marga kalau emergency baru bisa masuk dengan mobil patroli mengantar BBM kemasan. Langsung aja telepon 135. Itu misalnya berhenti di dalam tol gak bisa ke mana-mana tinggal telepon ini, motor yang akan kirim ke lokasi. Stoknya unlimited. Kemasannya bisa direfil di SPBU terdekat,” bebernya.

Ilustrasi. Petugas SPBU melayani pengisian BBM di Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto KM 725A, Jumat (14/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain itu, ada 15 titik SPBU kantong BBM di tol maupun diluar tol tepatnya lokasi strategis dekat wisata maupun jalur macet yang membutuhkan suplai cepat.

“Total 15 titik kantong BBM. 10 di tol, 5 diluar. Berupa mobile storage di lokasi strategis jika dibutuh suplai cepat. Ada mobil tangki yang disediakan ini yang akan bisa melakukan suplai ke SPBU terdekat ketika terjadi kemacetan ruas-ruas jalan,” imbuhnya.

Semuanya akan siaga selama masa mudik. Terutama saat puncaknya yang diperkirakan terjadi mulai 18 April 2023.

“Perkiraan kami, puncak mudik 18 April 2023. Kalau arus balik dua kali yaitu 25 April 2023 dan 28-29 April 2023,” tandasnya. (lta/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Kamis, 29 Februari 2024
29o
Kurs