Minggu, 5 Mei 2024

Pakar Sebut Pemberian ASI yang Baik Bisa Cegah Stunting

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah ibu dan anaknya mengikuti Lomba Menyusui 2023 di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (8/5/2023) Foto : Antara

Dokter Mega Oktariena Praktisi kesehatan sekaligus Dokter Spesialis Anak menyebut, pemberian air susu ibu (ASI) yang baik mampu mencegah terjadinya stunting pada anak.

Mega mengatakan, pemberian ASI, terutama pada ASI eksklusif (usia 0-6 bulan) dapat mencegah infeksi paru dan diare pada bayi.

“Kalau bayi terkena diare, nanti asupan gizi yang masuk berkurang. Dampaknya, nanti anak jadi kurang gizi dan berpotensi stunting,” katanya dilansir Antara pada Rabu (8/2/2023).

Dia menambahkan, nutrisi yang terkandung di dalam ASI mengandung antibodi untuk melindungi bayi. Bayi juga memiliki kemampuan pencernaan yang lebih baik terhadap nutrisi dalam ASI.

Selain itu, ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, karena mengandung gizi yang banyak, dan sesuai dengan perkembangan usianya.

“Bahkan jika bayi lahir prematur, gizi yang didapatkan melalui ASI sesuai dengan kebutuhan bayi saat itu,” ujarnya.

Menurutnya, ASI mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serta sistem imun bernama immunoglobulin yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

Ia juga menjelaskan, kandungan nutrisi yang ada pada ASI merupakan yang terbaik, dan tidak dapat digantikan oleh asupan lainnya.

“Kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI sesuai dengan yang dibutuhkan bayi, tidak lebih dan tidak kurang,” tuturnya.

Oleh karena itu, dia menganjurkan kepada para ibu yang baru melahirkan untuk segera melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), yang berguna untuk memberikan kehangatan pada bayi, memulai kontak pertama dengan ibu, serta merangsang keluarnya kolostrum pada ASI pertama.

Selain itu, dia juga menganjurkan agar para ibu memberikan ASI eksklusif saja pada usia 0-6 bulan bayi, dan dilanjutkan dengan Makanan Pendamping (MP) ASI pada usia 6 bulan hingga 2 tahun. (ant/dvn/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs