Minggu, 5 Mei 2024

Paus Ingatkan Anak Muda Tak Tertipu Kebahagiaan Palsu Media Sosial

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat menghadiri upacara penyambutan di Parque Eduardo VII dalam perjalanan kerasulannya ke Portugal dalam rangka perayaan ke-37 Hari Orang Muda Sedunia di Lisabon, Portugal, (3/8/2023). Foto: Reuters

Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Portugal pada Kamis kemarin (3/8/2023) ingatkan anak muda untuk tetap waspada terhadap kebahagiaan palsu yang ada di media sosial.

Acara tersebut merupakan yang pertama dari beberapa acara bersama Paus untuk Hari Orang Muda Sedunia, sebuah pertemuan yang diadakan setiap tiga tahun sekali di kota yang berbeda.

Tampak bersemangat dengan kerumunan anak muda yang bernyanyi dan menari, Paus Fransiskus memperingatkan mereka untuk berhati-hati terhadap ilusi dunia maya di mana algoritma menggunakan nama mereka untuk riset pasar tetapi tidak pernah bisa memahami keunikan seseorang.

“Banyak realitas yang menarik kita dan menjanjikan kebahagiaan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan: sia-sia, tidak berguna, dan hal-hal pengganti yang membuat kita merasa hampa di dalam diri kita,” katanya dilansir Reuters, Jumat (4/8/2023).

Paus mengatakan bahwa Tuhan bukan mesin pencari seperti Google, dan tidak memberikan jawaban yang sederhana dan lugas, tetapi jawaban yang mendorong kegelisahan yang sehat serta mendorong orang untuk mencari kebenaran.

Dalam masa jabatannya sebagai Paus, Ia telah mendorong serangkaian reformasi, termasuk memberikan lebih banyak peran kepada perempuan, tetapi menghadapi keseimbangan yang sulit antara menarik umat yang lebih liberal dan mengecewakan kaum konservatif.

Dia mengatakan kepada hadirin bahwa Gereja memiliki ruang untuk semua orang, termasuk mereka yang melakukan kesalahan, yang jatuh atau berjuang.

Sekadar informasi, kedatangan Paus Fransiskus menarik massa yang sangat banyak di Portugal. Polisi setempat memperkirakan ada setengah juta massa yang berkumpul.

“Ini luar biasa karena Portugal adalah negara kecil yang sepertinya tidak banyak yang tahu tentangnya, jadi senang rasanya mengetahui bahwa kami menjadi tuan rumah acara sepenting ini,” ujar salah seorang warga setempat. (bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs