Jumat, 3 Mei 2024

PBB Sambut Baik Perpanjangan Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi inisiatif biji-bijian laut hitam. Foto: Xinhua

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) menyambut baik perpanjangan kesepakatan biji-bijian Ukraina, pada Rabu (17/5/2023).

“Kami mendapatkan perkembangan yang positif dan signifikan. Konfirmasi dari Federasi Rusia untuk melanjutkan partisipasi mereka dalam Inisiatif Laut Hitam untuk 60 hari ke depan. Saya menyambut keputusan ini,” kata Guterres dalam konferensi pers seperti dikutip Antara dari Anadolu, Kamis (18/5/2023).

Sekjen PBB itu mengatakan perpanjangan tersebut merupakan kabar baik tetapi masalah yang belum terselesaikan tetap ada. Guterres juga mengucapkan terimakasih kepada Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki atas kerjasama dengan badan dunia tersebut.

“Sekali lagi saya mengungkapkan rasa terima kasih saya kepada Presiden Erdogan dan pemerintah Turki atas upaya mereka bekerja dalam koordinasi permanen dengan PBB,” kata Sekjen PBB itu.

Pernyataan Guterres disampaikan beberapa jam setelah Erdogan mengumumkan kesepakatan yang akan berakhir pada hari ini, diperpanjang hingga dua bulan kedepan.

“Dengan upaya negara kami, dukungan teman Rusia kami, dan kontribusi dari teman Ukraina kami, telah diputuskan untuk memperpanjang kesepakatan koridor biji-bijian Laut Hitam untuk dua bulan ke depan,” kata Erdogan dalam pidatonya kepada kepala provinsi, wakil, dan walikota dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) melalui tautan video.

Sebagai informasi, Turki, PBB, Rusia dan Ukraina awalnya menandatangani kesepakatan itu di Istanbul pada Juli tahun lalu untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Laut Hitam Ukraina, yang tertunda setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Pusat Koordinasi Bersama dengan petugas dari tiga negara dan PBB didirikan di Istanbul untuk mengawasi pengiriman. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs