Jumat, 26 April 2024

Ukraina Minta Ekspor Biji-Bijian Diperpanjang Tanpa Batas Waktu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi inisiatif biji-bijian laut hitam. Foto: Xinhua

Sergiy Kyslytsya Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyuarakan dukungan untuk memperpanjang Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam, hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Hal itu diungkapkannya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Sabtu (18/3/2023). Kyslytsya menggarisbawahi bahwa idealnya, kesepakatan penting itu seharusnya diperpanjang tanpa batas waktu untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam.

“Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam harus diperpanjang setelah berakhir pada 18 Maret setidaknya selama 120 hari, sebagaimana ditentukan, atau untuk jangka waktu tidak terbatas,” kata Kyslytsya seperti dikutip Antara dari Anadolu, Minggu (19/3/2023).

Dia juga menyarankan agar kesepakatan itu diperluas untuk mencakup pelabuhan Ukraina di wilayah Mykolaiv.

Untuk diketahui pada Juli tahun lalu, Rusia dan Ukraina yang ditengahi PBB dan Turki, menandatangani perjanjian untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari Yuzhny, Chornomorsk, dan Odesa.

Pengiriman biji-bijian dari ketiga pelabuhan tersebut sempat terhenti, sejak meletusnya perang Rusia-Ukraina pada Februari 2022. Kesepakatan yang masa berlakunya berakhir pada Minggu hari ini, akan diperpanjang untuk kedua kalinya selama 120 hari lagi. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs