Sabtu, 20 April 2024

Sekjen PBB Tunjuk Koordinator Baru Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi inisiatif biji-bijian laut hitam. Foto: Xinhua

Antonio Guterres Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) pada Rabu (28/12/2022) mengumumkan penunjukan Abdullah Abdul Samad Dashti dari Kuwait sebagai koordinator baru PBB untuk Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam (Black Sea Grain Initiative).

Menurut kantor Sekjen PBB, Abdullah Abdul Samad Dashti dari Kuwait menggantikan Amir Mahmoud Abdulla dari Sudan, yang menjabat sebagai koordinator PBB sejak Agustus 2022.

Selain itu, Dashti menggantikan Amir Mahmoud Abdulla dari Sudan, yang menjabat sebagai koordinator PBB sejak Agustus 2022.

Dilansir Antara, Kamis (29/12/2022), Dashti sebelumnya merupakan atase pertahanan militer Kuwait di Belgia dan perwakilan misi Kuwait untuk NATO mulai 2019 hingga 2020. Dia pensiun dari angkatan bersenjata Kuwait pada 2021 dengan pangkat laksamana madya.

Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam diluncurkan oleh Ukraina, Turki, Rusia, dan PBB pada Juli 2022 untuk memungkinkan dimulainya kembali ekspor biji-bijian, bahan makanan, dan pupuk, termasuk amonia, dari Ukraina melalui koridor kemanusiaan maritim yang aman.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs