Minggu, 16 Juni 2024

Pembacaan Satu Miliar Selawat Nariyah Akan Digelar di Masjid Al-Akbar Malam Ini

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akan menjadi tempat pembacaan satu miliar selawat nariyah dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional, Sabtu (21/10/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Santri 2023, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama seluruh tingkat kepengurusan, lembaga hingga badan otonom, akan menggelar pembacaan satu miliar selawat nariyah di Masjid Al-Akbar Surabaya, pada Sabtu (21/10/2023) malam.

K.H Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU mengatakan, pembacaan selawat nariyah berjemaah itu sebagai upaya untuk memenuhi rasa lapar ruhaniyah warga Nahdliyin.

“Malam ini ba’da shalat isya’ berjamaah, akan dilaksanakan pembacaan satu miliar Shalawat Nariyah,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa pembacaan selawat itu juga untuk menyongsong NU menuju abad kedua, agar bisa menjadi pagar yang melindungi warga dan umat manusia, serta berlimpah barokah.

“Pembacaan satu miliar selawat nariyah ini, kita harapkan keberkahan dan kemaslahatan terlimpahkan kepada kita semua, bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dengan dasar manfaat dan tradisi baik berselawat, ia menganjurkan agar kegiatan ibadah yang menjadi rangkaian dari peringatan hari santri itu, dikuti oleh segenap warga nahdliyin dan segenap umat Islam.

“PBNU menyerukan kepada seluruh warga NU dan juga seluruh umat Islam dari berbagai kalangan, untuk melaksanakan pembacaan selawat nariyah ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam peringatan hari santri di Jatim, dilakukan selama tiga bari berturut-turut. Yakui, mulai 20 Oktober dilakukan penanaman mangrove di Surabaya dan Probolinggo, serta pemilihan duta santri.

Kemudian di 21 Oktober dilakukan jalan sehat, fashion show sarung nasional dan pembacaan satu miliar selawat nariyah.

Dan puncaknya, pada 22 Oktober akan dilakukan apel Hari Santri 2023 bersama Jokowi Presiden sebagai instruktur, ijazah kubro, silaturahmi kyai sepuh, dan ditutup dengan parade selawat perdamaian. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs