Kamis, 2 Mei 2024

Pembayaran Trans Jatim Sudah Terintegrasi dengan Kereta Commuter Indonesia

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim turun dari Bus Trans Jatim Koridor II dalam acara peresmiannya di Mojokerto, Minggu (20/8/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) baru saja meresmikan Bus Trans Jatim Koridor II dengan rute Terminal Kertajaya Mojokerto-Terminal Purabaya, Minggu (20/8/2023) kemarin.

Bersamaan dengan peresmian itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bilang kalau sistem pembayaran Trans Jatim sekarang ini sudah terkoneksi dengan Kereta Commuter Indonesia (KCI).

“Pembayaran sudah terintegrasi dengan KCI melalui Kartu Multitrip. Jadi satu kartu bisa untuk pembayaran Trans Jatim maupun Kereta Commuter. Penumpang tinggal turun atau naik halte terdekat dengan stasiun,” ujar Khofifah dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Selain itu, penumpang bisa memantau posisi bus yang akan datang melalui Aplikasi TRANS JATIM-AJAIB lewat smartphone masing-masing. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan informasi Suroboyo Bus, serta ke depannya akan terintegrasi pula dengan Kereta Commuter Indonesia.

Sebagai informasi, Bus Trans Jatim Koridor II ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 WIB dengan waktu tunggu antar bus 15 menit di jam sibuk, dan 20-30 menit di jam nonsibuk. Total armada yang disiapkan ada 20 bus beserta dua bus cadangan.

Kata Khofifah, khusus di tanggal 21-27 Agustus 2023 masyarakat bisa menggunakan Bus Trans Jatim Koridor II secara gratis. Khofifah menyebut keberadaan bus ini sebagai upaya mempermudah masyarakat menjangkau transportasi publik yang murah dan aman.

“Melalui Bus Trans Jatim ini, mobilitas masyarakat aglomerasi Surabaya insya Allah jadi bisa lebih cepat, lebih murah, dan lebih bisa dipastikan jam keberangkatannya,” katanya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs