Selasa, 30 April 2024

Pemerintah Kejar Penyelesaian 58 Proyek Senilai Rp420 Triliun Tahun 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Wahyu Utomo Ketua KPPIP saat membuka acara Sewindu PSN di kawasan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu (14/5/2023). Foto: Antara

Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang dipimpin pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengejar penyelesaian 58 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp420 triliun sebelum akhir tahun 2024.

Terkait hal itu, Wahyu Utomo Ketua KPPIP mengharapkan puluhan proyek bernilai ratusan triliun itu bisa diselesaikan di akhir tahun 2023 dan tahun 2024.

“Ada 156 proyek yang sudah selesai dengan nilai Rp1.080 triliun. Maka tahun ini sampai akhir tahun dan tahun depan, kami harapkan ada 58 proyek lagi yang diselesaikan dengan nilai sekitar Rp420 triliun,” kata Wahyu dilansir dari Antara, Minggu (14/5/2023).

Wahyu juga menjelaskan, PSN yang ditetapkan Joko Widodo Presiden RI melalui Perpres Nomor 3 Tahun 2016. Tahun ini merupakan tahun kedelapan pelaksanaan PSN.

KPPIP ditugaskan mengawasi dan mempercepat pembangunan infrastruktur prioritas di Indonesia.

Salah satu fungsi utama KPPIP adalah sebagai point of contact dalam implementasi koordinasi untuk ‘debottlenecking‘ PSN dan Proyek Prioritas yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur di sektor-sektor kunci seperti transportasi, energi, air minum, sanitasi, dan telekomunikasi yang pelaksanaannya melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah akan terus mengupayakan sesuai dengan arahan Bapak Presiden tidak ada lagi proyek yang mangkrak pada tahun 2024. Tentunya ini butuh dukungan dari masyarakat seluruhnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wahyu menuturkan KPPIP menyelenggarakan rangkaian kegiatan Sewindu PSN yang diselenggarakan dari bulan Mei hingga Oktober 2023.

Kegiatan itu merupakan sarana meningkatkan kesadaran, menstimulasi minat, serta mengedukasi publik, terutama generasi muda Indonesia, mengenai peran penting PSN terhadap pembangunan ekonomi nasional dan kehidupan yang berkelanjutan, sebagai jalan perwujudan visi besar Indonesia Emas 2045.(ant/ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs