Kamis, 2 Mei 2024

Pemkab Sidoarjo Perbaiki 109 Titik Jalan Berlubang Sejak Awal Tahun 2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Perbaikan lubang di Jalan Kletek, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (25/2/2023) pagi. Foto: Istimewa

Dwi Eko Saptono Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo mengatakan satgas perbaikan jalan sudah melakukan perbaikan di 109 titik jalan berlubang yang tersebar di seluruh kabupaten.

Terbaru selama dua hari ini, Dinas PU Sidoarjo telah melakukan pemeliharaan di enam titik jalan. Antara lain di ruas Jalan Wadung Asri, Pondok Tjandra, Kletek, Kebon Agung, Wonoayu, dan Krembung.

“Di Kletek sudah sejak kemarin, kami melakukan penambalan sejumlah lubang di sana. Nah di Krembung ini banyak kendaraan yang over kapasitas. Ini jalan daerah paling tidak kelas 3 ini 10 ton (berat kendaraan) tapi di jalan ini justru 20-25 ton (kendaraan) menjadikan jalan di ruas Krembung mudah tergerus,” kata Dwi saat dihubungi suarasurabaya.net, Sabtu (25/2/2023).

Kerusakan di jalan kawasan Krembung itu menjadi sorotan dari Dinas PU. Sebab kerusakannya telah mencapai pondasi dasar jalan tersebut. Sehingga penanganan yang dilakukan oleh tim satgas perlu melakukan rekonstruksi, tak sekedar ditambal ulang.

Dwi mengatakan kalau proses pemantauan dan perbaikan jalan yang dilakukan oleh satgas ini bakal terus berlangsung hingga tutup tahun 2023. Teknis pemeliharaan ada dua penanganan.

Perbaikan lubang di Jalan Kletek, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (25/2/2023) pagi. Foto: Istimewa

Apabil kerusakan kecil maka akan langsung dieksekusi oleh satgas perbaikan jalan. Sedangkan untuk jalan yang mengalami kerusakan parah bakal dikerjakan secara kontraktual atau pihak ketiga.

“Kalau ini sudah besar (kerusakan jalan) ini kami sudah berproses kontrak semoga dua minggu lagi kelar sehingga kami bisa melakukan kontraktual. Jadi skemanya swakelola dengan satgas dan satunya dengan kontraktual dengan pelaksana. Ini adalah konsep kami untuk pemeliharan di jalan Sidoarjo,” katanya.

Tak hanya itu, Dwi mengatakan kalau Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo telah mencanangkan kebijakan betonisasi di jalan raya antar daerah untuk menjaga kualitas jalan secara jangka panjang.

Betonisasi jalan antar daerah tersebut sudah berlangsung sejak tiga tahun yang lalu. Pada 2021 Pemkab Sidoarjo melakukan betonisasi sepanjang 24 kilometer, lalu 2022 sepanjang 26 kilometer dan 2023 sepanjang 22-23 kilometer.

“Bupati sudah mencangkan betonisasi. Karena yang lewat kendaraan besar-besar juga,” imbuhnya.

Dalam pengerjaan proyek perawatan jalan dan perbaikan ini Dinas PU Sidoarjo telah menyiapkan lima tim satgas. Tim satgas terdiri dari dua regu di wilayah Timur dan Barat.

“Tim Pelaksana saat ini ada lima regu dan mulai senin besuk rencananya ditambah menjadi tujuh regu. Dan untuk anggaran tahun ini, kontraktual dan swakelola, telah disiapkan senilai Rp16 miliar,” jelasnya.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs