Jumat, 19 April 2024

Pemkab Sumenep Lindungi Nelayan Melalui Alat Pendeteksi Digital SiKapal

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Achmad Fauzi Bupati Sumenep saat menerima penghargaan terkait program perlindungan nelayan di Kabupaten Sumenep. Foto: Humas Pemkab Sumenep

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melindungi keselamatan nelayan dengan menggunakan alat pendeteksi digital yakni Automatic Identification System (AIS) atau Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (SiKapal).

Ferdiansyah Tetrajaya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Sumenep menyatakan, alat itu memudahkan mendapat informasi dan identifikasi perahu atau kapal apabila terjadi kecelakaan laut. Sehingga mempercepat penanganan dan menekan jatuhnya banyak korban.

“Kendala yang dihadapi petugas dalam menangani kecelakaan laut yang terjadi selama ini karena sulit mendapatkan informasi dan mendeteksi lokasi kejadian,” kata Ferdiansyah dilansir Antara, Minggu (26/11/2023).

Oleh karena itu, pihaknya membuat program inovatif yang diberi nama ‘SiKapal’ atau Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran itu agar petugas bisa melakukan penanganan cepat apabila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ferdiansyah menambahkan, pada saat ini sebanyak 20 perahu nelayan di Kecamatan Sapeken, Sumenep telah menggunakan alat ini. Selanjutnya akan berkembang ke sejumlah kecamatan lain di kepulauan Sumenep.

“Alat ini mampu menjangkau hingga radius 60 mil laut, sehingga segala sesuatu yang terjadi di tengah laut bisa dikomunikasikan dengan petugas keamanan setempat,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, SiKapal yang diinisiasi oleh Pemkab Sumenep tersebut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI pada 21 November 2023.

SiKapal itu menjadi salah satu dari Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023, dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan pemerintah daerah.

Pemkab Sumenep juga berkomitmen untuk melakukan pengembangan program ‘SiKapal’ sebagai ikhtiar memberikan perlindungan bagi para nelayan maupun kapal penumpang saat berlayar.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023 diberikan langsung oleh Abdullah Azwar Anas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) kepada Achmad Fauzi Wongsojudo Bupati Sumenep pada peresmian bersama Mall Pelayanan Publik (MPP) dan peluncuran Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) di Jakarta.

“Tahun depan kami menambah lagi alat. Tahun ini hanya 20 perahu nelayan dan pada 2024 kami mengusulkan anggaran untuk 50 perahu nelayan melalui APBD Pemkab Sumenep,” katanya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs