Kamis, 2 Mei 2024

Ahmad Fauzi Bupati Sumenep Sambut Baik Rencana Pembangunan PLTS di Masalembu

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
PLTS di Pulau Masalembu, Kepulauan Madura. PLTS di Pulau Masalembu, Kepulauan Madura.

Sebagai bagian dari upaya melistriki wilayah Kepulauan Madura melalui proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Masalembu, PT PLN (Persero) melakukan audiensi dengan Ahmad Fauzi Bupati Sumenep.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk koordinasi terkait perencanaan dan pelaksanaan proyek PLTS serta sebagai langkah strategis dalam meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan di Pulau Masalembu.

Feri Asmoro Hermanto Manajer PT PLN (Persero) UP3 Pamekasan memaparkan, mengenai rencana lokasi yang akan dibangun, kapasitas yang direncanakan, dan berdiskusi dalam mengantisipasi kendala yang akan dihadapi serta harapan bagi PLN dan masyarakat setempat atas pembangunan PLTS tersebut secara rinci.

Ahmad Fauzi Wongsoyudo Bupati Sumenep menyambut baik inisiatif PLN dalam mengembangkan proyek energi terbarukan di wilayahnya.

“Dalam penentuan tanah yang digunakan untuk PLTS dipastikan tidak bermasalah. Artinya clear and clean secara leglitas dan tidak ada yang mempermasalahkan. Utamakan prinsip kehati-hatian, “ujarnya di Pendopo Bupati, Kamis (9/11/2023), seperti dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (24/11/2023).

Fauzi Bupati Sumenep juga menyoroti potensi ekonomi dan sosial yang dapat dihasilkan oleh proyek PLTS tersebut.

“Dengan berdirinya PLTS akan meningkatkan akses listrik, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, ” ungkap dia.

Feri menegaskan, komitmen PLN untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memastikan keberlanjutan proyek ini.

“Kami sampaikan apresiasi atas dukungan penuh Bupati Sumenep dan pemerintah daerah dalam mendukung upaya PLN untuk mengembangkan energi terbarukan di wilayah ini, ” ujar Feri.

Diharapkan, proyek ini tidak hanya akan memberikan manfaat langsung dalam hal penyediaan listrik yang lebih berkelanjutan, tetapi juga akan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sebagai informasi, PLTS di Masalembu berkapasitas 175 kilowatt peak (kWp) dengan potensi pelanggan hingga 3.000 KK. Saat ini PLN telah melistrik total 21 pulau di wilayah Madura, dengan jumlah PLTS 13 unit dan total daya 1.300 kWp. Tahun 2023 PLN UP3 Pamekasan membangun 16 PLTS dan diharapkan akan beroperasi di akhir tahun ini jika tidak ada kendala.(ath/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs