Kamis, 2 Mei 2024

Pemkot Surabaya: 69.667 Keluarga dalam Proses Terima Bantuan Beras 10 Kg

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Antiek Sugiharti Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya (tengah) saat konferensi pers hari ini, Selasa (29/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Antiek Sugiharti Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya (tengah) saat konferensi pers hari ini, Selasa (29/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap II tahun 2023 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Surabaya sudah dimulai sejak Senin (11/9/2023).

Bantuan itu disalurkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya bersama PT. Pos Indonesia dan Bulog. Antiek Sugiharti Kepala DKPP Surabaya mengatakan, total sementara ada 69.667 penerima.

“Tahap I di bulan Juli 2023, Pemkot Surabaya bersama PT. Pos Indonesia dan Bulog telah menyalurkan 160.286 KPM di Kota Surabaya. Masing-masing KPM mendapatkan bantuan berupa beras sepuluh kilogram,” jelas Antiek dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (12/9/2023).

Penyaluran tahun ini dimulai dari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya yang dinilai sudah siap menerima distribusi.

Sisanya bertahap, dalam kurun waktu sepuluh hari per kemarin ditargetkan tuntas seluruhnya.

“Kita akan selesaikan. Karena untuk tahap II ini akan kami selesaikan dalam 10 hari. Perhitungan kami, kalau datanya sama seperti tahap I akan selesai dalam 10 hari, karena PT. Pos juga menyampaikan bisa menyalurkan sebanyak 16.000 dalam sehari,” ujar Antiek.

Antiek memastikan, kualitas beras yang disalurkan baik. Sebelumnya, Pemkot sudah mengecek sebelum penyaluran dimulai.

“Sebelum dibagikan sudah kita cek, ketersedian stok aman. Di luar itu, untuk menanggulangi inflasi, Bulog tetap menyuplai ke pasar maupun ke masyarakat,” tegasnya.

Sementara penyaluran bantuan pangan ini, demi menekan harga beras. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Surabaya rutin memantau perkembangan harga dan menggelar rapat evaluasi bersama Wali Kota Surabaya.

“Dalam rapat inflasi yang selalu dilakukan setiap awal pekan itu kami dipimpin oleh Bapak Menteri Dalam Negeri Indonesia (Tito Karnavian), selalu disampaikan bahwa program Badan Pangan adalah melalui penyaluran bantuan pangan (beras) ini,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menyalurkan bansos beras untuk 21 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Program Keluarga Harapan (PKH) mulai September selama tiga bulan berturut-turut. Masing-masing KPM akan diberi 10 kilogram beras per bulan. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs