Minggu, 28 April 2024

Pemkot Surabaya Anggarkan Rp1,9 Miliar untuk Merenovasi Gelora Pancasila

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat memberi sambutan di pembukaan Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya 2022 di Gelora Pancasila pada Rabu 25 Mei 2022 lalu. Foto: Dok/Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merencanakan akan merenovasi Gelora Pancasila mulai September 2023. Total Rp1,9 miliar disiapkan untuk mempercantik Gelora Pancasila.

Iman Krestian Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya menyebut, teknis perbaikan akan menyasar bagian kerangka, dan penutup atap gedung, termasuk plafon.

“Kami laksanakan pengerjaan secara bertahap dan skala minor, konsentrasinya di area atap,” kata Iman, Selasa (29/8/2023).

Perbaikan harus dilakukan, lanjutnya, karena plafon mulai terkelupas. Begitu juga bagian kerangka besi sudah berkarat lantaran termakan usia.

“Ganti rangka atap, ganti penutup atap, dan plafon kemudian perlu di berikan anti-karat, kalau yang untuk bagian fasad bangunan tidak ada pengerjaan karena masih kondisinya masih bagus,” ujarnya.

Total Rp1,9 miliar biaya perbaikan yang dialokasikan Pemkot Surabaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Perbaikan diprediksi selesai cepat, hanya sekitar tiga minggu hingga sebulan. “Pengiriman material saat ini sudah mulai dilakukan,” ucapnya.

Pengerjaan itu seharusnya dimulai Agustus, tapi tertunda September karena Gelora masih dipakai sejumlah kegiatan olahraga.

“Agustus ini ada acara Muay Thai di situ dan setelah ini ada event basket juga. Kami harus menyesuaikan, kalau metodenya kami bongkar bagian atapnya kemudian ditutup,” katanya. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs