Kamis, 9 Mei 2024

Pemkot Surabaya Kirim Bantuan untuk Korban Konflik di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menata sejumlah barang bantuan kemanusiaan untuk dikirim ke Gaza, Palestina pada Minggu (26/11/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi para korban konflik yang ada di Gaza, Palestina. Bantuan ini disebut sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian Pemkot terhadap para korban.

RR Laksita Rini Sevriani Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan, Pemkot telah membuka Posko Solidaritas Aksi Kemanusiaan Korban Konflik Gaza pada 20-25 November 2023 di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

“Posko dibuka dengan tujuan untuk mengakomodasi dan mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada korban konflik di Gaza,” kata Laksita Rini dilansir pada Antara, Minggu (26/11/2023).

Ia berharap bantuan yang dihimpun itu dapat meringankan beban dan penderitaan yang dialami para korban konflik di Gaza, Palestina.

Sejumlah bantuan yang dihimpun tersebut, di antaranya peralatan mandi, selimut dan perlengkapan tidur, pakaian, makanan dan minuman instan, obat-obatan, pembalut wanita, dan pampers.

“Bantuan yang telah terkumpul melalui posko, selanjutnya kami serahkan ke Koarmada II pada Sabtu (25/11/2023). Rencananya, bantuan akan dikirimkan melalui jalur laut oleh Koarmada II,” kata Rini.

Sementara itu, Buyung Hidayat Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Surabaya menjelaskan, bantuan ini merupakan donasi dari berbagai elemen mulai dari masyarakat, pemerintah kota Bangga Surabaya Peduli (BSP), hingga perusahaan.

Menurut Buyung bantuan akan segera dikirimkan oleh Koarmada II pada Senin (27/11/2023). Ia menambahkan sejumlah bantuan yang dikirim pemkot itu, di antaranya pakaian 495 pcs, celana 20 pcs, selimut 2.116 pcs, pakaian dalam 1.671 pcs, popok bayi 1.928 set,  dan pembalut wanita 20 set.

“Kami menyampaikan terima kepada masyarakat yang telah peduli memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban konflik di Gaza Palestina,” kata Buyung. (ant/and/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs