Rabu, 28 Februari 2024

Pengamat Ekonomi Nilai Kinerja Ekonomi ASEAN Salah Satu Terbaik Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Foto: Humas Ubaya

Prof Bambang Soemantri Brodjonegoro mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyebut kinerja ekonomi ASEAN sebagai salah satu yang terbaik dunia.

“Kalau kita lihat menurut kawasan, ASEAN merupakan salah satu yang perekonomian relatif stabil, pertumbuhannya cukup tinggi, inflasinya bisa cukup bisa dikelola, dan kesejahteraan masyarakat terus membaik,” katanya di Depok, Rabu (8/6/2023) dilansir Antara.

Menurut Prof Bambang, meskipun masih ada kekurangan disana-sini, tapi itulah suatu aset dari ASEAN yang selalu harus dijaga. Artinya, kerja sama ataupun kelancaran hubungan ekonomi antarnegara ASEAN harus terus dijaga, kemudian perdagangan dan investasi juga ditingkatkan.

Sehingga, lanjut dia, keketuaan Indonesia diharapkan bisa menjadi contoh bahwa Indonesia yang ekonominya saat ini sudah masuk 15 besar dunia bisa terus tumbuh, dan naik kelas dari lower middle menjadi upper middle.

Untuk itu, Prof Bambang mengharapkan agar bisa diikuti negara ASEAN lain. “Apalagi, ada Vietnam yang pertumbuhan ekonominya sangat bagus sehingga dengan saling mengetahui dan bekerjasama maka kita bisa mengambil contoh-contoh terbaik untuk diaplikasikan negara masing-masing,” ucapnya.

Dikatakannya, Indonesia sudah banyak berbuat misalnya ada ASEAN Free Trade Area, ASEAN dengan partner dagang negara lain juga sudah dilakukan.

Untuk itu, saat ini bukan hanya menambah jumlah kerjasama saja, tetapi bagaimana memanfaatkan agar kerja sama itu bermanfaat buat Indonesia.

“Jangan menganggap sudah kerja sama semua beres padahal banyak PR yang masih harus diselesaikan ketika kita bekerjasama dengan negara lain,” ujar mantan Menteri Keuangan tersebut.

Kerja yang utamanya adalah kerja sama dagang ekspor impor dan kedua kerjasama investasi, transfer teknologi dan lainnya.

“Saya yakin masih banyak yang bisa bekerja sama antar sesama negara ASEAN yang sudah lama dikenal asosiasi kawasan yang solid,” pungkasnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs