Sabtu, 4 Mei 2024

Pengerjaan Flyover Aloha Sudah 45 Persen, Pondasi Sudah Terpasang

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Rencana pembangunan Flyover Aloha, Sidoarjo. Foto: Pemkab Sidoarjo

Aris Purwanto Manager Konstruksi Proyek Flyover Aloha menyatakan, progres pengerjaan Flyover Aloha saat ini sudah mencapai 45 persen.

“Secara progress fisik di lapangan, proyek Flyover Aloha ini per-hari kemarin sudah menyelesaikan 100 persen pekerjaan pondasinya, jadi ada 967 titik, sudah diselesaikan, terakhir kita cor kemarin, itu istilahnya, kaki-kakinya, jadi setelah pekerjaan ini sudah selesai,” ucapnya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Setelah tuntas pengerjaan pondasi, ia menyebut akan langsung dilanjut dengan mengerjakan struktur di atasnya, yakni untuk segera menyelesaikan proyek flyover tersebut.

“Sekarang itu kalau masyarakat bisa lihat, sekarang sudah ada empat pier head yang sudah selesai, pier head itu tiang sebelum peletakan girder, tinggal menunggu pemasangan girder, itu sudah selesai empat tiang pilar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa dalam pembangunan flyover itu rencananya akan terdapat sebanyak 15 pier head.

“Karena kita itu kan ada flyover dari flyover A dan flyover B gitu kan, jadi kita sudah menyelesaikan tahapan yang paling berat di itu, dan kita menginjak pekerjaan struktur diatasnya,” ungkapnya.

Sehingga ia mengatakan, untuk pekerjaan selanjutnya harus dilakukan penggalian dan akan bersinggungan dengan jalan raya. Oleh karena itu, kata Aris, harus ada rekayasa lalu lintas agar tidak mengganggu kelancaran perjalanan.

 

“Itu ada di sisi timur itu, di pier lima, itu sebelum perlintasan kereta api, sama ada juga di pier enam itu, lokasinya di samping Resto Aloha. Kalau di samping Resto Aloha itu akan bedampak pada penyempitan jalan, jadi kita sepanjang 15 meter akan menyempit jadi satu setengah lajur yang bisa digunakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa untuk arah Bandara Juanda menuju bundaran Aloha juga akan ditutup.

“Jadi mohon maaf nanti kepada masyarakat pengguna jalan, karena lokasi pekerjaan strukturnya itu persis di jalan, jadi mau nggak mau kita harus mohon maaf dalam beberapa waktu ke depan, kita posisinya sudah koordinasi, tinggal surat izin resminya, dalam waktu dekat mau melakukan penutupan jalan, karena menginjak pekerjaan galian footingnya,” bebernya.

Untuk waktu pengerjaan, kata Aris, untuk pier lima akan dikebut selama sekitar lima bulan. Sedangkan pier enam akan dikerjakan dalam kisaran waktu dua minggu.

Sementara itu, AKP Abdul Kholil Kanit Patroli Polresta Sidoarjo menyatakan, dengan adanya pengerjaan proyek flyover di Aloha tersebut, akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Gambar pengalihan jalan. Foto: Tangkapan layar

“Untuk rekayasa, keluar dari bandara semua ke jalur frontage dan mengarahnya sampai ke ujung frontage Puri Surya Jaya, sekarang menunggu izinnya turun dulu, saat sudah turun akan dirapatkan oleh Kasatlantas,” ujarnya.

Ia juga mengimbau, agar angkutan alat  berat dari Juanda yang masuk ke frontage, bisa melewati Tropodo atau masuk tol untuk mengurangi crossing Gedangan.(ris/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs