Sabtu, 13 Juli 2024

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Naik Hingga Tiga Kali Lipat Saat Liburan Sekolah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang sedang memotret dan melihat jerapah. Foto: Dok/ Wildan suarasurabaya.net

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) meningkat dua hingga tiga kali lipat saat momen liburan sekolah sejak dua pekan lalu.

Khoirul Anwar Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS menyebut, rata-rata jumlah pengunjung harian non-weekend berada dikisaran enam hingga sepuluh ribu orang.

“Hampir KBS gak bisa bernapas mulai Senin sampai Senin lagi. Rata-rata Senin-Jumat di atas enam ribu sampai sepuluh ribu. Baik dari Surabaya, Gerbangkertasusila, dan luar kota. Bus-bus gak pernah berhenti, sebelum jam delapan pagi parkiran sudah penuh,” ujarnya, Kamis (13/7/2023).

Sementara saat weekend, tepatnya Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung tembus belasan ribu, bahkan diatas 20 ribu.

“Rata-rata weekend di atas 15 ribu (orang). Terakhir Minggu (10 Juli) kemarin 25.620 pengunjung. Otomatis memberi dampak yang bagus untuk pengembangan KBS ke depan,” tuturnya.

Jumlah itu, menurut Khoirul Anwar jauh meningkat dibanding capaian hari biasa sebelum momen liburan sekolah.

“Hari biasa tidak, kalau (masa) liburan (sekolah) Senin-Jumat itu minimal dua sampai lima ribu, kecuali Jumat 1.500-2.000,” imbuhnya.

Selama periode Januari-Juni 2023, Khoirul menyebut total pengunjung meningkat 35 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Target kita kan 2.500.000 pengunjung tahun ini. Tapi sudah 1.620.000 Januari sampai Juni. Kalau tahun lalu, dari target dua juta pengunjung, tercapai 1.917.000,” terangnya.

Usai periode libur sekolah, sambungnya, diprediksi jumlah pengunjung akan kembali normal.

“Kembali ke porsi nornal. Tapi itu sudah di atas rata-rata sebelum pandemi. Dahulu sebelum pandemi hari biasa cuma di bawah dua ribu,” tandasnya. (lta/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
24o
Kurs