Jumat, 3 Mei 2024

Pembangunan Terowongan Terminal Joyoboyo-KBS Ditarget Tuntas Akhir 2023

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Senin (10/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Rencana pembangunan terowongan penghubung antara Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) segera terealisasi.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya memastikan, proses lelang proyek pembangunan ini masih berjalan.

Targetnya, proses lelang selesai dan pembangunan mulai berjalan Agustus mendatang. “Harapanya Agustus sudah mulai kontrak,” katanya pada Senin (10/7/2023).

Pembangunan terowongan sepanjang 150 meter itu hanya memakan waktu selama lima bulan. Jadi, jika semua proses berjalan dengan lancar, terowongan ini akan tuntas pada akhir tahun.

“Harapannya sebelum akhir tahun selesai,” tandasnya.

Perlu diketahui, rencana pembangunan terowongan itu untuk mencegah kemacetan imbas penyeberangan para pengunjung dari parkiran TIJ ke ke KBS. Ke depan, TIJ akan jadi alternatif lain parkir wisatawan.

Pembangunan terowongan ini sudah direncanakan sejak 2020. Proyek ini juga digadang-gadang jadi salah satu pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggerakkan ekonomi. Pemkot Surabaya mengeluarkan setidaknya Rp25 miliar untuk pembangunan ini. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs