Rabu, 29 Mei 2024

Penumpang Melahirkan di Commuter Line Dhoho, Ibu dan Bayi Selamat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Penumpang Commuter Line Dhoho, Surabaya Kota-Blitar via Kertosono melahirkan bayi perempuan di perjalanan KA 417, pada Sabtu (10/6/2023) pukul 17:30 WIB. Foto: KAI Commuter

Seorang ibu pengguna Commuter Line Dhoho, Surabaya Kota-Blitar via Kertosono melahirkan bayi perempuan di perjalanan KA 417, pada Sabtu (10/6/2023) petang kemarin, pukul 17:30 WIB.

Anne Purba VP Corporate Secretary KAI Commuter mengatakan, saat dalam perjalanan, pengguna yang sedang hamil tua itu hendak turun di Stasiun Kediri, naik dari Stasiun Jombang.

Namun, di perjalanan terjadi kontraksi yang menyebabkan pengguna akhirnya melakukan persalinan sendiri di dalam toilet kereta ketiga Commuter Line Dhoho.

“Pascamelahirkan dan pada saat bersamaan petugas keamanan kereta (WALKA) yang sedang berpatroli, pengguna tersebut melaporkan kejadiannya. Petugas dengan sigap membantu dan berkordinasi dengan kondektur untuk mengumumkan apakah ada pengguna yang berprofesi sebagai tenaga medis,” ujarnya.

Setelah diumumkan, kata dia, ada salah seorang pengguna yang berprofesi sebagai bidan  langsung membantu memberikan pertolongan pertama pada sang Ibu dan jabang bayi.

Petugas keamanan Commuter Line kemudian berkordinasi dengan petugas Stasiun terdekat, yakni Stasiun Sembung untuk mempersiapkan kursi roda dan transportasi untuk memberikan pertolongan lanjutan pada Ibu dan sang bayi menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Sesampainya di stasiun, lanjut dia, keduanya dibantu petugas dan salah seorang pengguna yang memiliki mobil untuk dibawa ke bidan terdekat yakni Bidan Idayaroh untuk mendapatkan perawatan medis selanjutnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada seluruh pengguna untuk menjaga kondisi dan kesehatan.

“Keselamatan merupakan hal yang penting selama perjalanan menggunakan kereta api. Jangan segan untuk meminta bantuan kepada petugas baik di dalam kereta ataupun stasiun. KAI Commuter mengajak kepada seluruh pengguna, jadilah pengguna yang tertib, mengikuti aturan yang berlaku dan arahan petugas,” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs