Jumat, 3 Mei 2024

Penyebab Bangunan Ambruk di Surabaya Saat Pengerjaan Box Culvert Karena Tak Punya Fondasi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kiri ke kanan: Edwin Kurniwan Supervisor PT Diatasa Jaya Mandiri dan Anang Budi Santoso Staf Bidang Jembatan dan Jalan DSDABM Surabaya, Selasa (5/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Penyebab tiga bangunan ambruk di Surabaya saat pengerjaan proyek box culvert karena tidak punya fondasi.

Anang Budi Santoso Staf Bidang Jembatan dan Jalan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya menyebut, pengerjaan box culvert memang melebihi jarak antara bangunan dan saluran yang ditentukan.

“Tadi malam sudah dilakukan pekerjaan galian. Karena terlalu mepet dengan rumah warga. Karena di sebelah jalan ada utilitas PLN tegangan tinggi dan pipa PDAM. Jadi gak mungkin mepet ke utilitas tadi. Akhirnya ambil space jarak dan rumah warga,” beber Anang ditemui suarasurabaya.net usai mediasi terkait bangunan ambruk, Selasa (5/9/2023).

Bangunan ambruk di Jalan Kapasari Surabaya, pemiliknya berusaha menyelamatkan barang-barang jualan berupa onderdil sepeda motor, Selasa (5/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Edwin Kurniawan Supervisor PT Diatasa Jaya Mandiri merinci seharusnya proyek box culvert berjarak 50 centimeter dari bangunan, tapi dikerjakan dengan batas 30 centimeter.

“Itu kita pun galinya 1-2 (box culvert) baru pasang,” jelasnya.

Penyebab runtuhnya bangunan, lanjutnya, karena dibangun tanpa fondasi sehingga langsung longsor ketika pengerjaan dimulai.

“Kebetulan di rumah warga itu, tengah-tengahnya longsor (tanpa) fondasi,” jelasnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, tiga bangunan di kawasan Jalan Kapasari 63 A, B, dan C Surabaya ambruk saat pengerjaan proyek box culvert pada Senin (4/9/2023) malam.

Pantauan suarasurabaya.net hingga Selasa (5/9/2023) siang pukul 13.00 WIB, keluarga pemilik tiga toko yang ambruk masih gotong-royong menyelamatkan beberapa barang dagangan onderdil sepeda motor ke tempat lebih aman.

Sementara barang berharga berupa sepeda motor, TV, dan kulkas masih tertimbun reruntuhan. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
31o
Kurs