Jumat, 3 Mei 2024

Penyebab Kapal Barang Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak Masih Belum Diketahui

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana di lokasi kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/9/2023). Foto: Antara

Insiden terbakarnya kapal barang KMP Mutiara Berkah I di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, pada Rabu (6/9/2023), masih belum diketahui penyebabnya.

Sebelumnya, apal yang diketahui sedang proses sandar di pelabuhan milik PT Indah Kiat itu, pertama kali dilaporkan terbakar sekitar pukul 10.50 WIB. Truk tersebut mengangkut berbagai macam jenis truk, dari Pelabuhan Banten itu ke Pelabuhan Panjang Bandar Lampung.

Dedi Komarudin Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) mengatakan penyebab kebakaran sementara belum diketahui karena pemadaman yang masih dilakukan.

“Kalau kita lihat dari lokasinya ada di dekat buritan kapal kemudian di dek kendaraan tapi kita belum dapat memastikan, sementara fokus ke pemadaman terlebih dahulu,” katanya, Rabu (6/9/2023) malam seperti dikutip Antara.

Ia juga menjelaskan bahwa sebanyak 159 penumpang beserta kru kapal berhasil dievakuasi, dengan lima orang di antaranya dibawa ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas.

“Kapal ini pelabuhan Indah Kiat, Merak menuju pelabuhan Pajang Lampung, sementara tidak ada korban jiwa total 159 penumpang dan kru kapal sudah dievakuasi dan lima orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas,” ujarnya.

Untuk proses evakuasi dan pemadaman api, sambungnya, dilakukan bersama dengan tim gabungan mulai dari Polres Cilegon, Kodim Cilegon, dan Basarnas Banten.

“Kita berkolaborasi secara bersama-sama untuk bisa kita kendalikan situasinya. Kondisinya saat ini masih terus dilakukan pemadaman mudah-mudahan sesegera mungkin bisa ditangani dan api bisa padam,” ucapnya. (ant/bnt/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs