Sabtu, 27 April 2024

Penyelundupan Takjil Isi Sabu-Sabu di Lapas Kelas I Malang Digagalkan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi.

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu, yang dimasukkan dalam makanan untuk berbuka puasa (takjil).

Imam Jauhari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim menjelaskan, upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu tersebut bermula pada saat remaja laki-laki berinisial IF mendatangi Lapas Kelas I Malang pada Kamis (13/4/2023) kurang lebih pukul 14.15 WIB, untuk menitipkan makanan kepada salah satu narapidana.

Menurutnya, petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap paket makanan yang dititipkan tersebut menemukan bungkusan mencurigakan. Kemudian, petugas membongkar paket snack yang dibawa IF dan menemukan lima bungkusan plastik yang ditengarai berisi sabu-sabu.

Barang bukti dari lima bungkus plastik yang ditengarai berupa sabu-sabu tersebut memiliki berat kurang lebih 2,5 gram. Usai adanya temuan itu, petugas melakukan pengamanan barang bukti dan IF yang menitipkan makanan itu.

“Mendapati hal tersebut, selanjutnya petugas melakukan pengamanan barang bukti beserta pengirim barang tersebut,” katanya, dalam keterangan tertulis yang dilaporkan Antara.

Ia menambahkan, selama Ramadan, jadwal penitipan makanan untuk narapidana di Lapas Malang tersebut memang dilakukan penyesuaian. Makanan untuk narapidana bisa dititipkan pada siang hingga sore hari.

Namun, lanjutnya, hingga saat ini masih ada pengedar narkotika yang mencoba memanfaatkan kondisi tersebut. Pihaknya memastikan, pada setiap makanan yang dititipkan, petugas melakukan pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam kesempatan itu, Heri Azhari Kalapas Kelas I Malang mengatakan pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Kasat Narkoba Polresta Malang Kota, serta mengamankan barang bukti dan orang yang mengirim barang tersebut untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Heri mengatakan petugas mendapati barang terlarang tersebut yang dibawa oleh seorang remaja laki-laki asal Malang. Ia menegaskan, petugas Lapas Malang berkomitmen untuk memberantas peredaran narkoba khususnya di lingkungan Lapas Kelas I Malang.

“Pada bulan Suci Ramadan tak menyurutkan konsentrasi dalam melakukan pemeriksaan barang dan makanan yang akan dimasukkan ke dalam Lapas melalui kunjungan. Saya harap semua petugas senantiasa waspada,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs