Selasa, 28 Mei 2024

Pergerakan Masyarakat saat Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi Mulai Jumat Besok

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim saat talkshow di Suara Surabaya, Selasa (7/11/2023). Foto : Dukut suarasurabaya.net

Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim memprediksi lonjakan kedatangan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) terjadi mulai Jumat (22/12/2023) besok.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 107 juta masyarakat akan melakukan perjalanan berupa wisata dan mudik selama momentum Nataru.

“Sesuai prediksi Kementerian Perhubungan, akan ada peningkatan cukup signifikan pada tahun ini dengan 107 juta pergerakan. Sekitar 17 persen di antaranya mengarah ke Jawa Timur. Angka ini merupakan yang tertinggi di Indonesia,” kata Komarudin ketika mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis (21/12/2023).

Untuk menyambut libur Nataru tersebut, Polda Jatim telah menyiapkan 194 pos pengamanan yang tersebar di berbagai titik. Mulai dari akses menuju destitasi wisata, rest area, gereja, dan sejumlah titik lainnya.

“Kalau dilihat dari pola waktunya, libur akan dimulai Jumat besok. Diprediksi lonjakan kedatangan terjadi antara tanggal 22-24 Desember, Kemudian pada 31 Desember atau 1 Januari 2024 sudah ada arus balik,” imbuh Komarudin.

Untuk jalur wisata, salah satu yang diantisipasi adalah exit tol Singosari yang mengarah ke Batu. “Sebab dari ke arah Batu menempati posisi ketiga dari lima destinasi wisata se-Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, ada disiagakan petugas yang berjaga di jalur yang rawan longsor. Menurut Komarudin, pihaknya juga sudah menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi longsor.

“Sesuai prediksi BMKG, menjelang akhir tahun akan ada perubahan cuaca, baik dari ringan ke sedang dan sedang ke berat. Hal ini erpengaruh ke pengguna jalan. Sebab jalan berpotensi licin serta jarak pandang terbatas. Ini juga harus menjadi perhatian,” terangnya.

Komarudin mengungkapkan, akan ada pembatasan angkutan barang yang berlaku mulai Jumat, kecuali untuk kendaraan yang mengangkut sembako.

“Kami harapkan seluruh aktivitas masyarakat selama momen Natal dan Tahun baru ini berjalan aman dan lancar. Baik yang akan liburan maupun beribadah,” terangnya. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
29o
Kurs