Jumat, 29 Maret 2024

Perusahaan Pelayaran Ajukan Dispensasi Jumlah Penumpang Mudik Gratis

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana bongkar muat penumpang kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur. Foto: Antara

Manajemen PT Dharma Dwipa Utama (DDU) mengajukan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal motor penyeberangan, yang akan digunakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menjadi angkutan mudik dan balik gratis Lebaran tahun ini.

Maman Surachman Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) menyebut kapasitas KMP Wicitra Dharma I sesuai sertifikat, yakni 188 orang penumpang. Sehingga, perlu pengajuan dispensasi penambahan menjadi 250 penumpang untuk angkutan mudik dan balik gratis Lebaran 2023.

“Kami sudah mengajukan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal feri dari kapasitas sesuai sertifikat ke Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur,” kata Maman, Minggu (2/4/2023) dikutip Antara.

Dia menjelaskan penambahan jumlah penumpang untuk angkutan mudik dan balik gratis ini dilakukan, karena KMP Wicitra Dharma I nantinya hanya mengangkut 250 orang penumpang dan 150 unit sepeda motor.

“Jadi pengajuan dispensasi penambahan jumlah penumpang ini masih wajar, karena kapal feri kami tidak mengangkut kendaraan roda empat (mobil, truk), tapi hanya penumpang dan sepeda motor,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk alat keselamatan seperti baju pelampung (life jacket) tersedia lebih dari kapasitas penumpang yang sudah disiapkan, sekitar 300 baju pelampung.

Sebagai informasi, Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo mulai membuka pendaftaran mudik dan balik gratis secara daring (dalam jaringan) pada tanggal 4 April 2023 melalui laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id/.

Pemprov Jatim memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten, Sumenep, Madura, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Mudik dan balik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran sebelum Lebaran, dan empat kali trip pelayaran sesudah Lebaran.

Pada tanggal 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs