Kamis, 13 Juni 2024

Pihak Unair Mendadak Batalkan Acara Diskusi dengan Narasumber Rocky Gerung

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Rocky Gerung Pengamat Politik. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Forum diskusi mahasiswa Universitas Airlangga bertajuk ‘Sinergi Mahasiswa Nasional’ bersama Rocky Gerung Akademisi selaku narasumber mendadak dibatalkan pihak kampus, Selasa (1/8/2023) kemarin.

Padahal, Rocky Gerung sudah hadir di lokasi yang bertempat di Gedung Fakultas Kesehatan Kampus A Unair. Selain Rocky, pihak penyelenggara diskusi juga mengundang Saut Situmorang Wakil Ketua KPK 2015-2019 dan Andi Sinulingga Penggagas Kolaborasi Jakarta.

Aulia Thaariq Akbar Ketua BEM FISIP Unair selaku moderator dalam diskusi itu membenarkan pembatalan acara itu secara mendadak.

Dia juga menjelaskan forum diskusi itu sebenarnya digelar oleh BEM Unair. Thaariq mengutarakan kendala acara itu sudah terjadi sejak Selasa pukul 06.30 WIB pagi.

Acara yang semestinya digelar di Aula K.R.T. Fadjar Notonagoro Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Kampus B Unair, tiba-tiba dipindah ke Graha BIK-IPTEKDOK Fakultas Kedokteran (FK) Kampus A Unair.

Kemudian, mendekati waktu dimulainya acara pada pukul 13.00 WIB, pihak panitia mendapat kabar kalau acara dibatalkan. Karena pihak FK Unair enggan ada diskusi bermuatan politik di gedungnya.

“Itu saya sudah di sana, dikabari panitia, bahwa Dekan FK menolak, tidak boleh ada acara politik di sini,” kata Thaariq waktu dikonfirmasi, Rabu (2/7/2023).

Rocky Gerung yang sudah tiba di lokasi acara akhirnya tidak bisa menjadi pembicara dalam forum itu karena ruangan di gedung itu tidak diizinkan untuk dipakai.

“Rocky sudah datang. Dia cuma ngomong satu atau dua kalimat, akhirnya sudah,” ujarnya.

Thaariq dan sejumlah panitia pun belum tahu pasti alasan pihak fakultas membatalkan acara itu secara mendadak. Para mahasiswa peserta diskusi itu pun menyayangkan pembatalan acara.

“Kalau dari teman-teman selaku BEM FISIP sebenarnya menyayangkan soal ruang kebebasan akademik. Karena tidak ada penjelasan yang benar-benar konkretnya itu, kenapa,” imbuh dia.

Anang Jazuli Presiden BEM Unair selaku pihak penyelenggara bilang akan memberikan keterangan resmi terkait kejadian Selasa kemarin.

“Kami dari BEM Unair akan mengeluarkan release secara kelembagaan terlebih dahulu sebagai sikap kami. Saat ini kami masih melakukan audiensi dan klarifikasi kepada pihak terkait untuk meminta kejelasan dan pertanggungjawaban,” kata Anang, tertulis.

Terkait itu, suarasurabaya.net sudah mencoba melakukan konfirmasi pihak Fakultas Kesehatan Unair melalui pesan WhatsApp. Tapi, sampai sekarang pihak Unair belum memberikan respons. (wld/bnt/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
25o
Kurs