Kamis, 2 Mei 2024

PMI Surabaya Gelar Donor Darah Jelang Libur Lebaran

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Seremonial pembukaan Donor Darah Ramadan oleh PMI Kota Surabaya, Senin (10/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menggelar donor darah untuk memenuhi stok kantong jelang libur panjang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Donor darah massal yang digelar 10 hari sejak 10 April – 19 April 2023 itu ditargetkan memenuhi 5.000 stok kantong darah.

Ikhsan Ketua PMI Kota Surabaya optimistis target itu terpenuhi. Diperkirakan, stok tak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di Surabaya, tapi juga akan disalurkan ke daerah lain.

“Biasanya daerah lain kekurangan darah pas Ramadan, tapi di Surabaya. Tahun ini disiapkan lima ribu pendonor sudah penuh yang daftar per hari 500 selama 10 hari. Bukan hanya untuk Surabaya, tapi untuk daerah-daerah lain kita suplai,” kata Ikhsan yang juga sekaligus Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Senin (10/4/2023).

Sementara dr. Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menyebut, mulai Ramadan 2023 stok darah menurun hingga 40 persen setiap hari.

“Hari ini stoknya 800. Dengan kegiatan ini nanti meningkat lagi ada lima ribuan dari hasil 10 hari donor darah,” kata Martono.

Martono menyebut, dengan donor darah massal ini, stok diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama libur panjang Lebaran seminggu 19 April – 25 April 2023 mendatang.

“Kebutuhan tiap harinya 500 kantong dari 350 pendonor. Karena satu pendonor bisa jadi dua yaitu PRC (sel darah merah) dan trombosit,” tambahnya.

Selama Lebaran, Martono menyebut, UDD PMI Kota Surabaya tetap membuka pelayanan mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

“Untuk memenuhi stok. Yang paling dibutuhkan itu golongan darah O, B, lalu A, baru AB,” tandasnya.

Pantauan suarasurabaya.net, ratusan pendonor yang sudah daftar maupun belum, memenuhi L2 Rainbow BG Junction Mal hari pertama helaran Donor Darah Ramadan yang juga didukung Suara Surabaya Media.

Bagi 500 pendonor pertama tiap harinya, akan mendapat sembako, t-shirt, kupon safety check motor gratis, dan paket makanan siap saji.(lta/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs